Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Isi Garasi Sandiaga Uno, Menteri Terkaya Jokowi

Kekayaan Sandiaga Salahuddin Uno menurun sejak menjadi menteri Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Sementara itu dia kendaraan bermotor yang dia miliki masih sama dengan saat mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada Pilpres 2019.
Menparekraf Sandiaga Uno / Kemenparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno / Kemenparekraf

Bisnis.com, JAKARTA — Titel menteri paling tajir Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat ini jatuh kepada Sandiaga Salahuddin Uno. Eks pasangan Prabowo Subianto saat Pilpres 2019 ini, memiliki harta kekayaan Rp3,81 triliun. 

Mengutip data LHKPN, Jumat (10/9/2021), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif era Jokowi ini terakhir melaporkan harta kekayaan pada 9 Februari 2021. 

Dalam laporan tersebut, Sandiaga tercatat hanya memiliki dua kendaraan bermotor dalam bentuk mobil. Di antara kedua mobil itu, pun tidak ada merek mewah. Total kekayaan Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini yang dalam bentuk alat transportasi dan mesin hanya Rp295 juta atau lebih kurang setara dengan harga Mitsubishi Xpander Premium Package setelah dikurangi diskon PPnBM 25 persen. 

Kedua mobil tersebut telah tercatat sejak Sandiaga mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada Pilpres 2019. 

Adapun dari laporan harta kekayaan resmi, mobil pertama Sandiaga adalah Nissan Grand Livina tahun 2013 senilai Rp95 juta. Mobil dari segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) ini menggunakan mesin berkapasitas 1498cc yang menghasilkan tenaga 145 HP dan torsi 148 Nm.

Nissan Grand Livina mengisi pasar yang sama dengan Toyota Avanza. Namun mobil ini memiliki harga lebih mahal dibandingkan raja jalanan Toyota tersebut. 

Selanjutnya mobil lain Sandiaga juga masih bermerek Nissan. SUV Nissan X-Trail tahun 2015 senilai Rp200 juta dilaporkan masuk dalam daftar kekayaannya. 

Di pasaran, mobil ini punya dua varian mesin, yakni mesin bensin 2.000 cc 4 silinder dan mesin bensin 2.500 cc 4 silinder. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper