Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Heboh Mitsubishi Pajero dan Hyundai Palisade jadi Mobil Dinas Gubernur dan Wagub Sumbar

Pembelian mobil dinas Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar menjadi polemik.
Mitsubishi New Pajero Sport. /Mitsubishi
Mitsubishi New Pajero Sport. /Mitsubishi

Bisnis.com, JAKARTA — Langkah Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah dan Wagub Sumbar, Audy Joinaldy memilih Mitsubishi Pajero Sport dan Hyundai Palisade sebagai mobil dinas membuat publik heboh. 

Pasalnya total harga kedua mobil tersebut mencapai lebih dari Rp1,5 miliar. Harga mobil Pajero Sport sekitar Rp507,8 juta hingga Rp738,7 juta. Adapun harga Palisade dikabarkan bisa menyentuh Rp788 juta sampai Rp1,09 miliar.

Mengutip Tempo, Kamis (19/8/2021), kritikan pun dilayangkan oleh beberapa pihak, termasuk anggota DPRD Sumbar, Nofrizon dan politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem), Irma Suryani. Keduanya sama-sama beranggapan bahwa tindakan ini tidak elok dilakukan pemimpin di tengah pandemi Covid-19.

Mengingat, virus Corona masih membuat masyarakat kesulitan dalam hal ekonomi. Terlebih, sebagian warga dihambat oleh adanya aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Menurut Irma uang pembelian mobil dinas tersebut lebih baik dibagikan ke masyarakat dalam bentuk bantuan. Ia juga menjelaskan bahwa jumlah uang itu bisa dikonversikan menjadi puluhan ribu beras.

Sementara itu, bicara soal desain dan kekuatannya, Pajero Sport adalah SUV ladder frame. Artinya mobil ini memiliki bodi yang terbilang kokoh.

Setelah mendapatkan penyegaran di bagian desain beberapa bulan lalu, mobil ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 178.5 hp pada rpm 3.500. Mesinnya menggunakan diesel 4M15 2.4 liter VGT-Intercooler.

Spesifikasi Palisade juga tak kalah garang. Dengan harga yang lebih mahal, mobil dinas petinggi Sumbar ini memiliki mesin diesel R 2.200 cc CRDi 4 silinder dengan e-VGT. Itu membuat kendaraan bisa menyebukan tenaga sebesar 197,2 hp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler