Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Terlaris Toyota Indonesia Semester I/2021, Avanza di Puncak

Avanza menjadi mobil terlaris Toyota sepanjang semester I/2021. Bersamanya duduk Rush dan Kijang Innova di jajaran lima mobil terlaris Toyota Indonesia.
Logo Toyota. /Reuters-Yuya Shino
Logo Toyota. /Reuters-Yuya Shino

Bisnis.com, JAKARTA — Secara bulanan Toyota Kijang Innova menjadi mobil terlaris Toyota Indonesia. Namun sepanjang 2021, hingga Juni, Toyota Avanza menjadi model yang berkontribusi paling besar terhadap kinerja PT Toyota Astra Motor (TAM). 

Berdasarkan informasi PT Toyota Astra Motor (TAM), yang diterima Bisnis, Senin (12/7/2021), mobil sejuta umat meraih penjualan ritel sebanyak 25.529 unit pada paruh pertama 2021.

Volume tersebut berkontribusi 21,14 persen dari total penjualan ritel Toyota sepanjang semester I/2021 yang membukukan 120.717 unit. Capaian ini membuat produsen mobil asal Jepang ini menjadi merek mobil terlaris di Indonesia dengan pangsa pasar 31,1 persen.

Sementara itu, Toyota Rush parkir di posisi kedua model terlaris perusahaan sepanjang tahun berjalan dengan catatan penjualan  22.850 unit. Low sport utility vehicle (LSUV) ini menopang 19 persen dari total penjualan perusahaan.

Di posisi ketiga, ada Kijang Innova yang meraih penjualan 22.659 unit, bersaing tipis dengan Rush. Adapun Calya parkir di peringkat keempat dengan jumlah penjualan 16.742 unit, sementara di posisi kelima ada Agya dengan raihan 9.363 unit.

Avanza termasuk mobil fenomenal di panggung otomotif Tanah Air. Produk ini setidaknya mengukir rekor hingga 15 kali bertahan sebagai model terlaris di Indonesia, terhitung sejak awal kemunculannya pada 2004 sampai dengan 2019.

Selama itu pula, produk lain mencoba berkompetisi di ceruk pasar yang diisi Avanza-Veloz. Namun, kehadiran model low MPV lain di pasar, sejauh ini tidak mampu secara konsisten menggeser dominasi Avanza-Veloz sebagai model terlaris.

Generasi terbaru Avanza-Veloz lahir pada awal 2019 lalu dengan sejumlah penambahan fitur untuk mengakomodir kebutuhan konsumen. Tampilan dibuat lebih sportif lengkap dengan beragam fitur, tetapi dengan harga yang masih terjangkau dibandingkan kompetitor.

Baru-baru ini, rumor tentang rencana peluncuran Toyota Avanza generasi ketiga semakin menguat. Selain dari persaingan yang semakin ketat, Avanza generasi kedua yang saat ini dipasarkan sudah berusia cukup tua, yakni 10 tahun.

Sementara itu, rival Avanza seperti Honda, Mitsubishi, Suzuki, dan Wuling terus menggempur Avanza dengan model yang lebih baru. Terbaru, Hyundai diperkirakan juga akan ikut menantang Avanza melalui model yang akan diproduksi di Cikarang, Jawa Barat. 

Mengutip Wapcar.my, Avanza generasi ketiga disebut-sebut akan meluncur pada November 2021. Jika benar, besar kemungkinan kembaran Daihatsu Xenia ini akan mengadopsi mobil konsep DN Multisix yang dipamerkan di GIIAS 2017 dan Tokyo Motor Show 2017.

Berikut 5 mobil terlaris Toyota sepanjang semester I/2021:

Mobil Toyota Terlaris Semester I/2021
ModelUnit Terjual
Toyota Avanza22.659 unit
Toyota Rush22.850 unit
Toyota Kijang Innova22.659 unit
Toyota Calya16.742 unit
Toyota Agya9.363 unit
Sumber: PT Toyota Astra Motor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper