Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Cara Bersihkan Grill Mobil Secara Mandiri di Rumah

Pemilik mobil bisa membersihkan bagian grill mobil secara mandiri, dan tidak perlu pergi ke salon mobil.
Toyota GR Yaris. /Toyota
Toyota GR Yaris. /Toyota

Bisnis.com, JAKARTA — Grill adalah salah satu komponen mobil yang terdapat di bagian depan dengan bentuk berventilasi. Dengan posisi tersebut, grill dapat mudah sekali kotor.

Grill berfungsi sebagai pelindung untuk komponen mesin mobil di dalamnya. Debu, air hujan, hingga lumpur bisa membuat grill mobil kotor. Benda-benda tersebut bisa membuat grill lekas berjamur bahkan berkarat jika tidak dibersihkan dalam waktu lama.

Seperti dikutip dari laman resmi Daihatsu, pemilik mobil bisa membersihkan bagian grill mobil secara mandiri, dan tidak perlu pergi ke salon mobil. Langkah pertama adalah siapkan perlengkapan yang dibutuhkan, seperti kuas, sampo mobil, dan wax.

Berikut cara membersihkan grill mobil secara mandiri di rumah:

  1. Mengencerkan sampo mobil

Seperti halnya membersihkan rambut dengan mengencerkan sampo ditambah air agar lebih merata. Sampo harus diencerkan dengan air, tetapi dengan komposisi yang berbeda.

Campur sampo dan air dengan komposisi 1:3. supaya membersihkan grill mobil dengan efisien. Cairan sampo berfungsi mengangkat debu yang menempel di grill mobil.

  1. Menggosok grill. 

Oleskan cairan sampo ke grill. Gunakan sikat gigi untuk mengoleskan secara merata hingga ke sela-sela ventilasi. Setelah itu, gosok secara perlahan agar tidak merusak grill.

Jika memang ada bagian yang dirasa membandel, oleskan kembali sampo di bagian tersebut. Diamkan sejenak supaya noda terangkat lalu gosok dengan perlahan.

  1. Lap bekas sampo

Ketika selesai disikat tentu saja akan masih terlihat kotor karena bekas sampo masih menempel. Untuk itu, lap hingga bersih dan pastikan tidak ada bagian yang terlupakan. Lakukan sampai semuanya bersih tanpa meninggalkan bekas sampo atau gosokan sikat.

Pemilik mobil sebaiknya menggunakan kain berbahan katun. Katun adalah bahan yang lembut dan mampu menyerap cairan dengan baik, sehingga memungkinkan gril tidak tergores ketika mengelapnya.

  1. Mengoleskan wax

Langkah terakhir, oleskan wax pada grill agar bagian ini tampil lebih mengilap. Dengan langkah tersebut, grill akan tambah lebih kinclong dan mobil terlihat lebih gagah.

Itulah beberapa langkah dan cara membersihkan grill mobil yang bisa dilakukan secara mandiri. Membersihkan grill mobil harus dilakukan secara rutin, terlebih setelah bepergian jarak jauh di tengah hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper