Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya

PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky pada akhir April 2021 secara virtual. Kedua mobil ini sama-sama memiliki varian mesin 1.000 cc turbo dan 1.200 cc. 
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 Juni 2021  |  13:08 WIB
PT Astra Daihatsu Motor, PT Toyota Astra Motor, dan PT Astra International Tbk. (ASII) memperkenalkan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.  - Astra Daihatsu Motor
PT Astra Daihatsu Motor, PT Toyota Astra Motor, dan PT Astra International Tbk. (ASII) memperkenalkan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. - Astra Daihatsu Motor

Bisnis.com, JAKARTA — Daihatsu Rocky dan Toyota Raize adalah proyek mobil kembar dari dua pabrikan mobil Jepang. Sekilas, keduanya tampak serupa, tetapi masing-masin ternyata memiliki perbedaan yang disesuaikan dengan segmentasinya. 

PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan kedua mobil tersebut pada akhir April 2021 secara virtual. Keduanya sama-sama memiliki varian mesin 1.000 cc turbo dan 1.200 cc. 

Namun pada tahap awal, kedua agen pemegang merek sepakat untuk memasarkan mesin 1.000 cc turbo terlebih dahulu. Rencananya varian 1.200 cc akan tersedia untuk konsumen Indonesia pada pertengahan tahun ini. 

Baik TAM maupun ADM mengklaim Rocky dan Raize memiliki fitur canggih di kelasnya. Mengutip Tempo, Daihatsu menyematkan fitur ASA (Advanced Safety Assist) pada Rocky. 

Teknologi tersebut memiliki enam fungsi yang memberikan keamanan saat berkendara, yakni Pre-Collision Breaking, Pre-Collision Warning, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning, Front Departure Alert, dan Lane Departure Prevention.

Secara awam, seluruh fitur tersebut adalah teknologi pintar untuk mencegah kecelakaan, seperti memberikan peringatan hingga melakukan pengereman secara otomatis.

Mobil baru tersebut juga melengkapi tingkat keamanannya dengan menggunakan fitur Vehicle Stability Control (VSC), ABS + ABD, dan Hill Start Assist (HAS). Teknologi terakhir ini membantu mobil tidak turun ketika berhenti di tanjakan.

Sementara itu Toyota Raize menggunakan fitur keselamatan Toyota Safey Sense (TSS). Mobil ini ini dilengkapi airbag di enam titik, yang membuat pengemudi dan penumpang terhindar dari benturan keras.

Teknologi TSS Toyota Raize ini memiliki paket yang lebih komplit ketimbang ASA milik Daihatsu Rocky. TSS terdiri dari fitur Lane Departure Assists with Steering Control, Pedal Misoperation Control, Pre-collision System, Front Departure Alert, Rear Cross Traffic Alert plus Blind Sport Monitoring, dan Adaptive Cruise Control.

Adapun seluruh teknologi tersebut tersedia untuk varian tertinggi Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil toyota daihatsu

Sumber : Tempo

Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top