Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Raize GR Sport TSS Inden hingga 2022, Masih Kebagian PPnBM?

Minat konsumen terhadap Raize tetap tak terbendung dengan membukukan pesanan 2.914 selama tiga pekan dipasarkan di Indonesia.
Toyota Riaze. /Auto2000
Toyota Riaze. /Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA – Varian tertinggi dari Toyota Raize, GR Sport TSS, dikabarkan inden hingga tahun depan. Dengan demikian, varian tertinggi ini tak dapat menikmati insentif pajak pembelian atas barang mewah (PPnBM).

“Benar [inden] sampai dengan Januari 2022, yang ready Toyota Raize GR Sport non TSS,” ujar salah satu pramuniaga dealer Toyota, di Jakarta, Jumat (21/5/2021).

Menanggapi hal tersebut, Customer Satisfaction and Marketing Communication Department Head at PT Astra International Tbk – Toyota Indonesia Cahaya Fitri Tantriani mengatakan belum mengetahui kabar tersebut.

“Saya belum update datanya, harus dicek dulu,” ujarnya.

Kendati inden, minat konsumen terhadap Raize tetap tak terbendung. Jumlah pemesanan Toyota Raize selama tiga pekan dipasarkan di Indonesia mencapai 2.914 unit. Angka ini berdasarkan pada data surat pemesanan kendaraan (SPK) yang masuk ke PT Toyota Astra Motor (TAM) hingga 20 Mei 2021.

Adapun Raize diluncurkan di Indonesia pada 30 April 2021. Model ini ditawarkan dalam delapan varian dengan harga mulai Rp 219,9 juta hingga Rp 265,9 juta. TAM menargetkan penjualan bulanan untuk Raize sebesar 2.000 unit.

Sebelumnya, TAM mengumumkan pemesanan Raize di sepekan pertama setelah diluncurkan mencapai 1.269 unit. Toyota Raize merupakan salah satu model yang mendapatkan relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang berlaku mulai 1 Maret 2021.

Namun, akibat inden, konsumen yang membeli pada tahun ini diperkirakan tidak mendapatkan insentif PPnBM.

Pasalnya, konsumen yang melakukan pembelian setelah Mei akan dikenakan relaksasi 50 persen, sesuai dengan aturan. Relaksasi PPnBM sebesar 50 persen berlaku selama periode Juni–Agustus, sementara September hingga akhir 2021 relaksasi PPnBM menjadi 25 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper