Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jajal Performa Toyota Raize 1.000 Cc Turbo, Ada Catatan Kecil

Toyota Raize memiliki bodi yang mumpuni untuk bermanuver di jalanan urban. Teknologi turbo pada mesin 3 silinder 1.000 cc menghasilkan tenaga yang terbilang cukup untuk berkendara harian. Selengkapnya simak hasil laporan test drive ini.
Toyota Raize 1.0L Turbo GR Sport CVT TSS saat uji berkendara. /Toyota
Toyota Raize 1.0L Turbo GR Sport CVT TSS saat uji berkendara. /Toyota

Bisnis.com, JAKARTA — Toyota Raize sejak akhir April 2021 resmi hadir di Indonesia. Mobil ini memiliki tampilan kekar ala SUV, tetapi dengan dimensi bodi yang lebih kurang setara dengan LMPV Toyota Avanza.

Di atas kertas, Raize memiliki dimensi panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm, dan ground clearance 200 mm. Dengan desain garis yang tegas dan ukuran bodi tersebut, sekilas Raize tampil seperti anak kecil yang berotot.

Raize memiliki sudut-sudut yang menyiku tajam dan terkesan agresif. Dari sisi manapun sepertinya semua bisa sepakat eskterior mobil ini tampil gagah dan maskulin.

Kesan pertama memasuki ruang kabin Toyota Raize adalah terasa cukup lapang dan serasa berada di SUV besar. Pasalnya dari luar, tampilan Raize terasa mungil untuk ukurang SUV. Terbukti di atas kertas, mobil ini memiliki panjang bodi yang lebih pendek dibandingkan dengan Toyota Avanza, tetapi memiliki lebar dan tinggi yang lebih besar.

Jajal Performa Toyota Raize 1.000 Cc Turbo, Ada Catatan Kecil

Toyota Raize yang digunakan uji berkendara. /PT Toyota Astra Motor

Karakter gagah inilah rupanya yang menjadi salah satu modal kepercayaan diri PT Toyota Astra Motor (TAM) bahwa Raize dapat menjadi salah satu mobil terlaris di pasar otomotif Indonesia. Pasalnya berdasarkan riset internal perusahaan, tren SUV kian meningkat dalam lima tahun terakhir.

Adapun belum lama ini, Bisnis mendapatkan kesempatan untuk mencoba duduk di balik kemudi Toyota Raize. Tipe yang dicoba adalah 1.0L Turbo GR Sport CVT TSS.

Dengan protokol kesehatan ketat, pengujian jarak pendek ini dimulai dari kawasan MBloc, Jakarta Selatan dan berakhir di Kota Tangerang. Dalam perjalanan, ada beberapa titik yang dipilih oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku penyelenggara untuk menguji fitur mobil kembaran Daihatsu Rocky ini.

Pada fase pertama, rute uji berkendara Raize adalah MBloc–Kuningan City. Bagi yang punya hobi gowes mungkin tidak asing, Kuningan City adalah gedung yang memiliki gedung parkir 13 lantai. Di sini ketangguhan Raize melewati jalan menanjak dan fitur hill start asisst (HSA) diuji.

Selanjutnya, rute yang dipilih TAM sebelum menuju Kota Tangerang adalah mampir dahulu ke kawasan Pantai Ihdah Kapuk II. Jalan tol panjang menjadi tempat yang pas untuk menguji sejumlah fitur keamanan tingkat lanjut yang dimiliki Raize 1.0L Turbo GR Sport CVT TSS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Fitur Keamanan Melimpah
Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper