Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMW Produksi Baterai Mobil Listrik Sendiri

Pabrik baterai yang berlokasi di Jerman nantinya juga akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan BMW Group.
BMW AG menyebut BMW i4 sebagai penanda transformasi mobilitas perusahaan. /BMW AG
BMW AG menyebut BMW i4 sebagai penanda transformasi mobilitas perusahaan. /BMW AG

Bisnis.com, JAKARTA — Pabrik BMW di Jerman akan meluncurkan seri modul baterai anyar pda 3 Mei 2021 waktu setempat. Hal ini akan menandai pabrikan mobil mewah ini dapat produksi komponen baterai untuk kendaraan listrik.

Selanjutnya baterai tegangan tinggi juga akan diproduksi di Regensburg mulai tahun 2022.

"Kami mengharapkan setidaknya 50 persen dari kendaraan yang kami kirimkan ke pelanggan kami di seluruh dunia akan sepenuhnya bertenaga listrik pada tahun 2030," kata Michael Nikolaides, Wakil Presiden Senior Mesin Produksi dan E-Drive BMW, dalam pernyataannya, dikutip Minggu (2/5/2021).

Perusahaan ini menginvestasikan lebih dari 250 juta euro di  Regensburg dan Leipzig untuk memproduksi kendaraan listrik dengan kebutuhan baterai tegangan tinggi.

Komponen baterai bertegangan tinggi akan digunakan dalam produksi BMW iX dan BMW i4, keduanya akan segera diluncurkan ke pasar. Sistem produksinya diklaim sangat fleksibel dan juga akan memasok komponen baterai untuk kendaraan listrik BMW Group lain di masa mendatang.

Seperti diketahui, sejumlah merek otomotif yang beroperasi di bawah bendara BMW Group adalah Mini, BMW Motorrad, dan Rolls-Royce Motorcars.

BMW Group menginvestasikan total sekitar 790 juta euro untuk memperluas kapasitas produksi komponen drivetrain untuk kendaraan listrik di lokasi Dingolfing, Leipzig, Regensburg, dan Steyr antara tahun 2020 dan 2022.

Leipzig adalah pabrik pelopor BMW Group untuk elektromobilitas dan telah membangun kendaraan listrik penuh pertama BMW Group, BMW i3, sejak 2013. Sekarang, lokasi tersebut juga akan memproduksi komponen drivetrain elektrik.

“Kami melanjutkan jalur ini dengan peluncuran produksi modul baterai dan lebih meningkatkan kelangsungan masa depan pabrik untuk elektromobilitas,” kata Hans-Peter Kemser, Direktur Pabrik BMW Group Plant Leipzig.

Hingga saat ini, sel baterai telah dilapisi di BMW Group Plant Dingolfing dan BMW Brilliance Automotive Plant Powertrain di Shenyang, Cina.

Pelapisan meningkatkan ketahanan mekanis dan konduktivitas termal sel baterai. Ini membantu meningkatkan isolasi dan pendinginan sel baterai e-drive generasi kelima yang lebih bertenaga. Mulai 2022, pabrik BMW di Regensburg akan memproduksi baterai kendaraan listrik bertegangan tinggi dari modul baterai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper