Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Suzuki India Alihkan Oksigen Pabrik Demi Bantu Tsunami Covid-19

Suzuki di India menutup pabrik perakitan pada 1-9 Mei 2021 dan mengalihkan oksigen untuk membantu menangani tsunami Covid-19 di negara tersebut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 April 2021  |  11:24 WIB
Suzuki Motors.  - Reuters/Issei Kato
Suzuki Motors. - Reuters/Issei Kato

Bisnis.com, JAKARTA — Maruti Suzuki mengumumkan akan menutup pabrik perakitannya di Haryana, India, pada 1-9 Mei 2021.

Perusahaan mengatakan bahwa penutupan pabrik dilakukan untuk mengalihkan penggunaan oksigen di pabrik dan mengalihkannya untuk kebutuhan medis, terutama membantu pemerintah menangani kondisi darurat pandemi Covid-19 di India.

"Sebagai bagian dari proses pembuatan mobil, Maruti Suzuki menggunakan sedikit oksigen di pabriknya sementara jumlah yang relatif jauh lebih besar digunakan oleh produsen komponen. Dalam situasi saat ini, kami percaya bahwa semua oksigen yang tersedia harus digunakan untuk menyelamatkan nyawa,” mengutip Tempo, Kamis (29/4/2021).

Penutupan pabrik ini sebenarnya bagian dari rencana perusahaan dalam melakukan pemeliharan, tetapi jadwal tersebut dimajukan dari semula bulan Juni menjadi Mei. Produksi di semua pabrik akan ditutup untuk pemeliharaan selama periode ini.

Perseroan mendapat informasi bahwa Suzuki Motor Gujarat telah mengambil keputusan serupa untuk pabriknya.

Kematian karena Tsunami Covid-19 di India mencapai puncak dengan 3.293 orang meninggal dalam 24 jam terakhir, mengutip laporan ndtv.com, 28 April 2021. 

Sementara itu, Suzuki Indonesia mengatakan bahwa penutupan pabrik perakitan di India tidak akan berdampak signifikan terhadap ketersediaan produksi Suzuki di Indonesia.

“Fokus penjualan pada produksi yang kami produksi di Indonesia. Komposisi penjualan produksi lokal 92 persen dari total penjualan,” kata 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra kepada Tempo, Kamis (29/4/2021).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sejak 2019, Suzuki Indonesia mengurami impor dari India. Sepanjang 2019, perusahaan mencatat penurunan impor sebanyak 33,53 persen secara tahunan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil suzuki

Sumber : Tempo

Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top