Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabarnya Toyota Raize Meluncur 30 April, Harga Sekitar Rp200 Juta

Toyota Raize dikabarkan akan meluncur pada 30 April 2021. Mobil ini diperkirakan akan dibanderol dengan harga antara Rp200 juta hingga Rp250 juta.
Toyota Raize. /global.toyota
Toyota Raize. /global.toyota

Bisnis.com, JAKARTA — Toyota Raize kabarnya akan meluncur pada 30 April 2021. PT Toyota Astra Motor (TAM) diperkirakan memasang harga untuk mobil ini antara Rp200 juta hingga Rp250 jutaan. 

Namun, pihak TAM masih enggan buka suara. "Mohon maaf, untuk produk baru seperti Toyota Raize belum bisa berkomentar," kata Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, saat dihubungi Tempo beberapa waktu lalu.

Raize merupakan, kembaran dari Daihatsu Rocky. SUV entry level ini menggunakan strategi pengembangan berbagi platform serupa seperti Toyota Avanza-Daihatsu Xenia atau Toyota Rush-Daihatsu Terios. 

Mobil ini telah mulai didistribusikan ke konsumen di Jepang sejak akhir 2019. Mulai saat itu, Raize pun gencar dikabarkan bakal meluncur di Indonesia.

Mengutip situs global Toyota, mobil ini menggendong mesin 1.000 cc turbo. Meskipun memiliki kubikasi mesin yang tergolong kecil, performa mesin Raize diklaim setara mobil 1.500 cc berkat teknologi turbo.

Sebelumnya Anton memastikan Raize akan mendapatkan keringanan PPnBM meskipun belum dirilis resmi oleh TAM. 

“Tidak perlu khawatir ini sudah dipastikan [Raize] akan mendapatkan insentif dari pemerintah. Nanti kami luncurkan, tunggu saja,” ujarnya dalam Virtual Anniversary 50 Tahun Toyota Indonesia.

Berdasarkan aturan yang telah terbit, Rocky telah lebih dahulu masuk dalam daftar penerima insentif PPnBm, meski belum dipasarkan di Indonesia.

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengatakan bahwa pemerintah mengumumkan daftar penerima relaksasi PPnBM hanya sekali dan tidak ada keterangan yang menyebut pabrikan dapat merevisi daftar model. 

Oleh karena itu, kata Amelia, ADM memutuskan untuk mendaftarkan Daihatsu Rocky meski produk tersebut belum diluncurkan pada waktu pengumuman insentif.

Namun, dia memastikan model ini akan diperkenalkan di Tanah Air pada periode program PPnBM.

“Walaupun Daihatsu Rocky belum diluncurkan saat ini, kami percaya produk ini layak untuk mendapatkan relaksasi pajak karena akan diluncurkan pada periode program,” ujarnya. 

Adapun kehadiran duet Toyota Raize dan Daihatsu Rocky diprediksi akan mengisi ceruk pasar SUV kompak. Dari sisi harga mobil ini akan bertarung di tengah pasar paling gemuk otomotif Tanah Air. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper