Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPnBM 0 Persen, Maret 2021 Penjualan Honda Brio Melejit

Duet Honda Brio RS dan Satya berkontribusi 47 persen terhadap kinerja penjualan Honda Prospect Motor.
Honda Brio Urbanate. /HPM
Honda Brio Urbanate. /HPM

Bisnis.com, JAKARTA – Pembabasan pajak pembelian atas barang mewah (PPnBm) mengakselerasi penjualan PT Honda Prospect Motor pada Maret 2021 dengan raihan penjualan ritel 10.048, naik 66,7 persen dibandingkan bulan sebelumnya.
 
Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan bahwa volume penjualan tersebut didominasi oleh duet Honda Brio RS dan Satya yang berkontribusi hingga 47 persen.
 
“Penjualan retail tertinggi masih ditempati Honda Brio dengan total penjualan 4,760 unit, sehingga berkontribusi 47 persen,” ujar Billy ketika dihubungi Bisnis, Selasa (13/4/2021).
 
Sementara itu, sejumlah model yang mendapatkan insentif PPnbM turut memberikan efek positif. Honda HR-V, semisal, membukukan penjualan sebanyak 2.918 unit sepanjang bulan lalu. Adapun Brio RS terjual sebanyak 2.148 unit, Mobilio 1.078 unit, dan BR-V 286 unit.
 
Pada Februari atau sebelum skema PPnBM diterapkan, duet Brio RS dan Satya mencatatkan penjualan sebanyak 3.361 unit, berkontribusi 56 persen dari total penjualan Honda sepanjang bulan lalu, yakni 6.018 unit.
 
Sepanjang Februari, Brio Satya juga meraih penjualan sebanyak 2.665 unit dengan pangsa pasar 28 persen di segmen LCGC. Sementara itu, Brio RS terjual 696 unit dan menjadi pemimpin pasar city car dengan pangsa cukup dominan, yakni 75 persen.
 
Di sisi lain, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat bahwa sepanjang tiga bulan pertama tahun ini, HPM telah menjual 23.134 unit kendaraan. Volume itu membuat Honda bertengger di posisi ketiga sebagai merek terlaris di Indonesia saat ini.
 
Volume penjualan selama kuartal I/2021 milik Honda itu ditempel ketat oleh Mitsubishi yang mencatatkan penjualan sebanyak 21.384 unit. Dengan raihan itu, Honda meraih penguasaan pasar sebesar 13 persen dari total penjualan nasional yang mencapai 178.450 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper