Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kuartal I/2021, Kinerja Daihatsu Tidak Didominasi Mobil Diskon PPnBM

Penjualan ritel Daihatsu pada tiga bulan pertama 2021 didominasi oleh model yang tidak mendapat insentif PPnBM. Gran Max Pick-Up pada periode tersebut mencatat penjualan 9.268 unit, atau berkontribusi sebesar 30,6 persen.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 13 April 2021  |  11:07 WIB
Jejeran unit produksi Astra Daihatsu Motor di fasilitas logistik pabrikan.  - ADM
Jejeran unit produksi Astra Daihatsu Motor di fasilitas logistik pabrikan. - ADM

Bisnis.com, JAKARTA — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatatkan pertumbuhan sekitar 9 persen secara tahunan per Maret 2021, menjadi sekitar 12.000 unit. 

Agen pemegang merek Daihatsu ini mengatakan bahwa hal tersebut merupakan imbas insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) yang diberlakukan pemerintah per Maret 2021. 

Namun penjualan ritel Daihatsu pada tiga bulan pertama 2021 didominasi oleh model yang tidak mendapat insentif PPnBM. Gran Max Pick-Up pada periode tersebut mencatat penjualan 9.268 unit, atau berkontribusi sebesar 30,6 persen.

Kemudian disusul oleh Sigra yang juga bukan model yang mendapatkan insentif PPnBM tahun ini. Seperti diketahui, Sigra adalah LCGC yang sejak diluncurkan telah mendapatkan pembebasan PPnBM dari pemerintah. 

Model tersebut menyumbang 22,9 persen terhadap penjualan Daihatsu atau sebanyak 6.934 unit. Kemudian model ketiga adalah Terios yang mendapatkan insentif PPnBM nol persen. Kembaran Toyota Rush ini membukukan 4.491 unit atau berkontribusi 14,8 persen. 

Berdasarkan keterangan resmi Daihatsu, secara total per kuartal I/2021, penjualan otomotif nasional sekitar 178.000 unit. Sementara itu penjualan Daihatsu sebanyak  30.000 unit, sehingga kontribusi market share Daihatsu menjadi 17 persen.

Kendati naik secara bulanan, capaian triwulan pertama tahun ini belum menyamai kinerja tahun lalu, di mana dua bulan pertama 2020 virus Corona belum menyebar di Indonesia. 

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan ritel Daihatsu pada kuartal I/2021 turun 22,7 persen secara tahunan. 

Sementara itu untuk penjualan pabrik ke diler atau  wholesales, juga mengalami peningkatan dari Daihatsu untuk mengantisipasi melonjaknya permintaan pasar.

Tiga model yang mendominasi adalah Gran Max Pick-Up 10.256 unit (29,2 persen), Sigra 9.668 unit (27,5 persen), dan Ayla 5.100 unit (14,5 persen).

“Pasar otomotif pada Maret 2021 naik signifikan karena dampak PPnBM. Daihatsu bersyukur dapat bertumbuh sejalan dengan pertumbuhan pasar mobil Indonesia. Kami berharap, tren positif ini dapat terus berlangsung,” kata Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director ADM Amelia Tjandra.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil daihatsu
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top