Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Toyota Ungkap GR 86 Generasi Baru, Mesin Lebih Superior

Meluncur sejak 2012, GR 86 telah terjual sebanyak 200.000 unit di seluruh dunia.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 06 April 2021  |  11:39 WIB
Toyota GR 86.  - Toyota
Toyota GR 86. - Toyota

Bisnis.com, JAKARTA – Saudara kembar dari Subaru BRZ, yaitu Toyota GR 86 generasi terbaru resmi diperkenalkan secara daring di Jepang pada Senin (5/4/2021).

Toyota GR 86 resmi bergabung dengan keluarga GR Supra dan GR Yaris dalam seri mobil sport besutan Gazoo Racing (GR). Mobil ini rencananya akan diluncurkan di Jepang pada musim gugur 2021 atau sekitar September hingga Desember.

Dikutip dari laman resmi Toyota Global, Selasa (6/4/2021), GR 86 dikembangkan dengan tujuan mewujudkan impian dan kegembiraan berkendara para pelanggannya. Meluncur sejak 2012, GR 86 telah terjual sebanyak 200.000 unit di seluruh dunia.

GR 86 dikembangkan bersama dengan Subaru. Namun, meski kedua kendaraan berbagi basis kendaraan yang sama, kedua perusahaan tetap berfokus untuk menanamkan nuansa berkendara yang berbeda.

“Hasilnya, GR 86 baru dirancang khusus untuk performa sport dan memberikan berkendara tingkat tinggi yang langsung dan memuaskan,” tulis keterangan resmi Toyota.

Pada September 2019, Toyota dan Subaru memasuki bisnis baru dan aliansi modal sebagai bagian dari komitmen kedua perusahaan untuk bersama-sama terlibat dalam pembuatan mobil yang lebih baik. GR 86 dan BRZ merupakan contoh konkret dari kerja sama ini.

Dalam perkenalan perdananya itu, Toyota GR 86 tercatat meningkatkan ukuran kapasitas silinder dari 2.0 menjadi 2.4 L. Alhasil, mesin memberikan performa berkendara yang superior dengan akselerasi 0-100 km per jam hanya dalam 6,3 detik.

Dari sisi eksterior, GR 86 menawarkan penampilan yang khas dari kendaraan bermesin depan dan berpenggerak roda belakang. Bagian bawah bodi bawahnya yang horizontal dan bagian belakang kabin yang sempit berpadu menciptakan tampilan pusat gravitasi rendah.

Bagian depan mobil ini juga dilengkapi dengan GR-specific Functional Matrix Grille, yang juga dapat ditemukan pada GR Yaris. Selain itu, LED lampu depan juga sedikit berbeda dibandingkan dengan BRZ.

Sejauh ini belum ada harga resmi dari Toyota GR 86. Mobil yang diproduksi di pabrik Subaru Gunma, Jepang, tersebut akan hadir dalam versi otomatis dengan rangkaian sistem bantuan pengemudi Subaru EyeSight.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil toyota
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top