Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lexus LF-Z Electrified Concept Meluncur, Apa Keunggulannya?

LF-Z Electrified Concept merupakan citra masa depan yang menunjukkan arah evolusi dari gaya Lexus.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 31 Maret 2021  |  13:29 WIB
Lexus LF-Z Electrified Concept.  - Lexus
Lexus LF-Z Electrified Concept. - Lexus

Bisnis.com, JAKARTA — Lexus resmi memperkenalkan secara global Lexus LF-Z Electrified Concept, sebuah mobil berbasis baterai (BEV) konsep yang akan menjadi simbol transformasi perusahaan. Mobil ini diharapkan terwujud pada 2025.
 
Koji Sato, Presiden Lexus International, mengatakan LF-Z Electrified Concept adalah kendaraan pertama yang menggunakan platform listrik untuk memberi daya pada setiap roda secara terpisah, berteknologi DIRECT4 dan mengaspal dengan Steer-By-Wire.
 
“Semua inovasi ini lahir dari filosofi Lexus Driving Signature bahwa kendaraan kami merupakan perpanjangan tangan dari intensi manusia” ujar Koji Sato, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/3/2021).
 
LF-Z Electrified Concept merupakan citra masa depan yang menunjukkan arah evolusi dari gaya Lexus. Proporsi mobil ini sederhana. Bagian depan terlihat rendah, tetapi perlahan naik hingga ke buritan.
 
Performa keseluruhan LF-Z Electrified Concept mengusung tema “Lexus Driving Signature”, yang bertujuan menciptakan harmonisasi antara pengemudi dan kendaraan dalam semua situasi berkendara.
 
Lexus Driving Signature terlihat dari platform yang didesain khusus untuk BEV. Baterai diposisikan secara memanjang di bawah lantai mobil agar sasis lebih kuat, sehingga pusat gravitasi kendaraan lebih rendah untuk menghasilkan dinamika berkendara yang baik.
 
Selain itu, Lexus LF-Z Electrified Concept memiliki penggerak yang dapat diubah dari Front Wheel Drive (FWD), Rear Wheel Drive (RWD) atau All Wheel Drive (AWD) dengan menggunakan teknologi yang dinamakan DIRECT4.
 
Teknologi ini menggunakan torsi instan dari tenaga penggerak motor listrik untuk secara bebas mengatur perputaran keempat roda. Ini diklaim menghasilkan performa mengemudi optimal dan sangat fleksibel, yang membedakannya dari teknologi konvensional.
 
Tenaga instan dan sistem penggerak DIRECT4 dikawinkan dengan teknologi Steer-by-Wire yang merupakan teknologi untuk meningkatkan driving precision agar semakin menyatu dan serasi dengan tujuan pengemudi.
 
Sistem full electric ini mengurangi getaran jalanan yang tidak diinginkan dan menghasilkan respons lebih cepat diantara pengoperasian kemudi dan tenaga penggerak. Hal ini memungkinkan kendaraan untuk berbelok dengan radius putar yang lebih kecil.
 
Sementara itu dari sisi interior, LF-Z Electrified Concept memiliki Panoramic Roof dengan kaca electrochromic dan dilengkapi dengan fungsi redup. Selain itu, pengemudi dapat berinteraksi dengan Artificial Intelligence (AI) melalui sentuhan atau suara saat mengemudi.
 
Untuk mewujudkan human-centered approach yang telah menjadi dasar merek Lexus sejak kelahirannya. Ruang kemudi Lexus LF-Z Electrified Concept dirancang berdasarkan konsep baru yakni "Tazuna".
 
Tazuna adalah istilah Jepang yang menjelaskan penggunaan tali kekang untuk mengendalikan seekor kuda. Posisi dan fungsi setiap titik di dalam kabin telah di desain dengan cermat untuk dapat melayani pengemudi masa depan dengan sebaik-baiknya.
 
Dengan peluncuran konsep baru ini, Koji Sato menuturkan bahwa Lexus akan terus berinovasi dengan mengikuti perubahan zaman dan senantiasa beradaptasi dengan kebutuhan konsumen di masa depan.

“Saat berdiskusi dengan ‘Master Driver’ kami, Akio Toyoda, dia mengungkapkan keinginannya untuk memastikan Lexus siap menghadapi dunia yang terus berkembang dan secara aktif membuat Lexus melakukan inovasi dengan cara yang terbaik,” ucapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik otomotif lexus
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top