Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mau Pesan Toyota GR Yaris?, Siapkan Rp100 Juta buat Booking Fee

GR Yaris merupakan model yang dikembangkan Toyota Gazoo Racing World Rally Team. Dalam proses pengembangannya, GR Yaris memadukan kendaraan yang nyaman untuk digunakan sehari-hari dan kompetitif layaknya di ajang World Rally Championship (WRC).
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 26 Maret 2021  |  12:53 WIB
Toyota GR Yaris.  - Toyota
Toyota GR Yaris. - Toyota

Bisnis.com, JAKARTA — PT Toyota Astra Motor resmi membuka surat pemesanan kendaraan (SPK) untuk mobil terbarunya, GR Yaris mulai 25 Maret 2021.

Untuk mengantre mendapatkan mobil seharga Rp750-Rp800 juta ini, konsumen perlu merogoh kocek sebesar Rp100 juta sebagai biaya pemesanan atau booking fee.

"Untuk SPK minimum itu sebenarnya jadi aturan di dealer yang menjalankan, dan yang saya tahu melihat harganya segitu mereka meminta booking fee sekitar Rp 100 juta," kata Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy belum lama ini. 

Pada sisi lain, Anton mengatakan belum dapat memastikan kapan mobil yang hanya tersedia 126 unit di Indonesia itu bisa dikirimkan ke konsumen. Saat ini, GR Yaris masih dalam proses homologasi dan belum mendapatkan surat izin dari pemerintah.

"Berapa lama inden? Kami belum bisa katakan karena [GR Yaris] belum lulus uji tipe dan mengurus perizinan. Baru setelah lulus kami akan menghubungi ke bagian produksi, nanti baru akan disampaikan, tetapi prediksi kami di semester kedua," kata Anton.

GR Yaris merupakan model yang dikembangkan Toyota Gazoo Racing World Rally Team. Dalam proses pengembangannya, GR Yaris memadukan kendaraan yang nyaman untuk digunakan sehari-hari dan kompetitif layaknya di ajang World Rally Championship (WRC).

Anton beberapa waktu lalu pernah menuturkan bahwa GR Yaris didesain mengikuti WRC, sehingga produksinya juga menggunakan spesifikasi mesin, transmisi, rem, dan suspensi yang mirip atau mendekati spek WRC.

Sebagai model hatchback, GR Yaris terhitung buas. Mobil ini mengemas tenaga tinggi dari mesin turbo intercooler tiga silinder segaris 1,6 liter. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 270 ps dengan torsi puncak 360 Nm.

Varian ini mengadopsi sistem 4WD sport “GR-Four” yang dikembangkan dengan sistem tenaga penggerak depan dan belakang. Tenaga dari mesin ini disalurkan ke roda penggerak melalui transmisi manual 6-percepatan ‘iMT’.

Untuk menempuh 100 km/jam, Yaris GR diklaim hanya memerlukan waktu 5,5 detik. Kemampuan itu tidak terlepas dari perpaduan tenaga tinggi dan bodi ringan hasil penggunaan aluminium untuk kap, pintu belakang, dan panel pintu.

Bagian atas dari GR Yaris juga dilengkapi panel atap plastik yang diperkuat serat karbon dan dibentuk menggunakan metode compound moulding.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toyota Toyota Astra Motor
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top