Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada 9 Tanda Ban Mobil Harus Diganti, Apa Saja?

Berikut ciri-ciri ban mobil yang sudah harus diganti.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 26 Maret 2021  |  12:47 WIB
Ilustrasi pengecekan ban mobil.  - Toyota
Ilustrasi pengecekan ban mobil. - Toyota

Bisnis.com, JAKARTA - Ban merupakan komponen penting pada mobil yang bertugas menunjang keselamatan sekaligus performa kendaraan. Oleh sebab itu, dengan sifatnya yang fast moving, pemilik mobil perlu mengetahui ciri-ciri ban harus diganti.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 di Cilandak, Jakarta, membagikan sejumlah informasi untuk mengetahui ciri ban yang harus segera diganti. Berikut adalah 9 ciri-cirinya:

1. Ketebalan ban sudah menipis secara merata

Suparna menyebutkan jika groove atau alur ban ketebalannya sudah di bawah 1 milimeter harus segera diganti. Dalam kondisi tersebut, ban tidak dapat membuang air saat melintasi genangan, sehingga berbahaya bagi keselamatan pengemudi ketika di jalan tol. 

2. Ban mengalami keausan yang tidak rata atau bergelombang

Pengertian tidak rata adalah permukaan ban yang lebih dahulu habis tidak merata. Baik itu bagian kanan maupun kiri atau tengahnya saja yang lebih dahulu aus. "Hal tersebut tidak boleh dibiarkan terjadi. Ini akan berdampak pada traksi mobil yang bisa turun dan membahayakan," ungkap Suparna.

3. Munculnya benjol pada ban

Biasanya benjol pada ban terjadi di sisi dinding ban. Benjol itu biasanya akibat benturan benda keras saat kecepatan tinggi. Bagian yang benjol tersebut akan sangat berbahaya karena jadi titik terlemah ban.

4. Terdapat banyak tambalan

Tambalan ban yang cukup banyak tersebut akan menurunkan dari kemampuan ban itu sendiri. Saat kecepatan tinggi dan suhu memanas bisa saja tambalan tersebut lepa, sehingga keselamatan bisa adi taruhannya.

5. Terjadi keretakan pada ban

Keretakan biasanya terjadi pada dinding ban. Keretakan acap kali disebabkan ban kepanasan, karena umur ban yang sudah tua, atau disebabkan pengaruh cairan kimia tertentu. Jika sudah retak kemampuan ban bakal menurun drastis, tidak sehingga tidak ada pilihan lain selain menggantinya.

6. Ban sobek

"Jika AutoFamily menemukan kondisi ban yang sobek, namun belum bocor maka tetap harus diganti. Walau jika dilihat masih bisa dipakai namun kekuatan ban yang sobek sudah menurun," kata Suparna.

7. Umur ban sudah tua atau melebihi batas

Sebenarnya tidak ada ketentuan umur ban harus diganti. Namun, menurut Suparna, semakin tua usia ban maka komponnya akan terjadi pengerasan. Hal ini tidak dibenarkan dalam mendukung kinerja ban yang baik. Secara kenyamanan ban yang tua pasti jauh menurun karena komponnya mengeras.

8. Pengelupasan alur ban

Ban yang terdiri dari sejumlah lapisan akan sangat berbahaya jadinya jika ada lapisan yang terkelupas. Biasanya yang kerap terkelupas adalah bagian alurnya. Tak ada kompromi untuk tidak segera ganti ban jika kondisi tersebut terjadi.

9. Kondisi ban sudah tak seimbang

Kondisi ini dapat diketahui saat ban dilakukan penyeimbangan (balancing) ternyata goyang kanan-kiri atau malah bergerak ke atas-bawah. Sedangkan bagian pelek ternyata normal. Hal itu bisa jadi tanda bahwa ban tak seimbang dan perlu diganti. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil ban mobil tips otomotif
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top