Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mobil Listrik Anyar Toyota Meluncur Pekan Depan, SUV atau MPV?

Dihimpun dari laman resmi Toyota Eropa, perusahaan hanya menampilkan sebuah gambar lampu depan dari mobil tersebut dengan bilah lampu LED yang melintasi hidung mobil. Secara visual, mobil ini memiliki desain populer untuk sebuah kendaraan listrik.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 12 Maret 2021  |  13:53 WIB
Toyota memberikan sedikit bocoran garis desain mobil listrik anyar yang diberi nama Toyota X Prologue.  - Toyota
Toyota memberikan sedikit bocoran garis desain mobil listrik anyar yang diberi nama Toyota X Prologue. - Toyota

Bisnis.com, JAKARTA — Toyota dikabarkan bakal merilis kendaraan listrik (EV), yang disebut X Prologue untuk pasar Eropa pada 17 Maret 2021 secara virtual.

Dihimpun dari laman resmi Toyota Eropa, perusahaan hanya menampilkan sebuah gambar lampu depan dari mobil tersebut dengan bilah lampu LED yang melintasi hidung mobil. Secara visual, mobil ini memiliki desain populer untuk sebuah kendaraan listrik.

Sejauh ini, belum ada detail lain mengenai mobil baru yang akan meluncur pada pekan depan itu. Seperti yang diberitakan Autocar, Toyota pada Desember 2020 telah mengumumkan rencana mengungkapkan SUV listrik berukuran sedang yang akan ditujukan untuk pasar Eropa. 

Toyota saat ini tidak memiliki kendaraan listrik baterai di Eropa. Namun, mereka telah menyatakan tujuannya untuk menjual satu juta unit EV secara global mulai tahun 2030, dengan 10 lini kendaraan listrik baterai yang akan dijual.

e-TNGA, platform mobil listrik yang dibuat khusus yang dikembangkan bersama dengan Subaru, akan berperan penting dalam peluncuran EV Toyota. Kendaraan hibrida dan sel bahan bakar diprediksi masih mendominasi sebagian besar model listrik Toyota.

Toyota menyatakan bahwa platformnya e-TNGA fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai jenis produk, dengan kemungkinan menyesuaikan panjang, lebar, jarak sumbu roda, dan tinggi platform.

Platform tersebut juga diklaim dapat menggunakan sistem motor listrik penggerak roda depan, belakang atau empat roda, dengan baterai dengan berbagai ukuran yang diakomodasi oleh arsitekturnya.

e-TNGA merupakan hasil pembaruan dari Toyota New Global Architecture, yang dibuat khusus untuk powertrain listrik. Sebelumnya, Toyota sudah menggunakan platform TNGA ini menjadi mobil listrik berwujud Lexus UX 300e, melalui TNGA-C, yang berasal dari C-HR.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan kembali Toyota menambah investasi untuk Indonesia sebesar US$2 miliar atau sekitar Rp28 triliun (kurs Rp14 ribu) hingga 2024. Tambahan modal ini akan dipakai untuk memproduksi mobil hibirida atau kendaraan berbahan bakar fosil dan listrik. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik toyota
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top