Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tiga Produk Konsep Hyundai Raih IDEA Award 2020

The Vest Exoskeleton (VEX) telah dinobatkan sebagai pemenang Penghargaan Emas dalam kategori Produk Komersial & Industri. Pada kategori Otomotif & Transportasi, konsep Hyundai 45 dinobatkan sebagai pemenang Bronze Award, dan konsep Hyundai Prophecy dinobatkan sebagai finalis.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 18 September 2020  |  21:54 WIB
VEX meningkatkan produktivitas dan mengurangi kelelahan pekerja industri.  - Hyundai
VEX meningkatkan produktivitas dan mengurangi kelelahan pekerja industri. - Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA - Industrial Designers Society of America (IDSA) telah menganugerahi Hyundai dengan tiga penghargaan International Design Excellence Award (IDEA) 2020.

The Vest Exoskeleton (VEX) telah dinobatkan sebagai pemenang Penghargaan Emas dalam kategori Produk Komersial & Industri. Pada kategori Otomotif & Transportasi, konsep Hyundai 45 dinobatkan sebagai pemenang Bronze Award, dan konsep Hyundai Prophecy dinobatkan sebagai finalis.

Model-model ini dipilih karena inovasi desainnya yang berani dan berseni, meningkatkan kualitas hidup dan mendorong batasan konseptual dan teknik.

Pengakuan konsep Hyundai 45 dan konsep Hyundai Prophecy, khususnya, pada penghargaan desain IDEA sangat penting bagi perusahaan, karena kedua konsep tersebut memberikan inspirasi untuk model masa depan yang akan diluncurkan di bawah merek barisan Ioniq baru dari Hyundai Motor.

Merek lineup Ioniq diluncurkan pada Agustus 2020, dan didedikasikan untuk kendaraan listrik baterai (EV). Di bawah jajaran merek Ioniq, Hyundai Motor akan memanfaatkan pengetahuan manufaktur EV untuk memperkenalkan tiga model khusus baru (CUV medium Ioniq 5, seda Ioniq 6, dan SUV Ioniq 7) selama empat tahun ke depan, dengan model yang lebih inovatif mengikuti.

Penciptaan merek jajaran Ioniq menanggapi permintaan pasar yang berkembang pesat dan mempercepat rencana Hyundai untuk memimpin pasar EV global.

"Visi desain Ioniq EV Hyundai, konsep 45, kini telah diakui secara global dengan memenangkan IDEA Award," kata SangYup Lee, Wakil Presiden Senior dan Kepala Pusat Desain Global Hyundai, Jumat (17/9/2020).

"Dengan memenangkan Emas dengan desain non-otomotif, ini menunjukkan bagaimana kami memperluas kemampuan desain kami."

Rompi VEX

VEX meningkatkan produktivitas dan mengurangi kelelahan pekerja industri dengan meniru gerakan sendi manusia untuk meningkatkan dukungan beban dan mobilitas. Rompi yang dapat dikenakan memiliki sumbu polisentrik - menggabungkan beberapa titik pivot dengan bantuan otot multi-tautan - berfungsi, menghilangkan kebutuhan akan baterai.

Dengan berat 2.5kg, VEX memiliki bobot 22-42% lebih ringan dari produk pesaing dan dipakai seperti ransel. Pengguna menempatkan lengan mereka melalui tali bahu rompi, lalu mengencangkan gesper dada dan pinggang.

Bagian belakang dapat menyesuaikan panjangnya hingga 18 cm agar sesuai dengan berbagai ukuran tubuh, sedangkan tingkat bantuan gaya dapat disesuaikan pada enam tingkat - hingga sebanyak 5,5 kgf.

VEX yang baru dikembangkan ini ditargetkan untuk pekerja lini produksi yang pekerjaannya terutama di atas kepala, seperti yang membaut bagian bawah kendaraan, memasang tabung rem, dan memasang knalpot.

Pengembangan VEX termasuk program percontohan di pabrik Hyundai Motor Group di AS. Uji coba tersebut berhasil secara luas dalam membantu pekerja dan meningkatkan produktivitas dan pabrik memasukkan sistem VEX ke dalam jalur produksi mereka.

Konsep 45

Hyundai Motor Company meluncurkan 45, sebuah konsep kendaraan listrik, di International Motor Show (IAA) 2019 di Frankfurt, 10 September.

Konsep 45 menunjukkan era baru desain otomotif Hyundai yang berfokus pada elektrifikasi, teknologi otonom, dan desain cerdas. Progresif 45 memberikan sentuhan berbeda pada ikon berusia 45 tahun, Konsep Hyundai Pony Coupe, untuk memperkenalkan pengalaman dalam mobil yang sama sekali baru untuk kendaraan self-driving masa depan.

Gaya eksterior yang dramatis dari 45 menggairahkan imajinasi dan menarik inspirasi dari kendaraan yang pertama kali membentuk DNA desain Hyundai, Konsep Pony Coupe 1974. Karakter ikonik dari 45 ditentukan oleh bodi monocoque, desain aerodinamis, dan ringannya yang terinspirasi oleh pesawat dari tahun 1920-an.

Nama mobil ini juga berasal dari sudut 45 derajat di bagian depan dan belakang, membentuk siluet berbentuk berlian yang semakin menunjukkan arah desain model EV masa depan.

Konsep baru ini menghilangkan kerumitan, merayakan garis yang bersih dan struktur minimalis dari konsep coupe asli. Menggabungkan warisan dengan visi, 45 menggabungkan evolusi identitas desain Sensuous Sportiness Hyundai.

Sensuous adalah singkatan dari peningkatan nilai emosional yang dapat dialami pelanggan melalui desain, dan Sportiness bertekad untuk menerapkan nilai-nilai tersebut melalui solusi mobilitas yang inovatif.

Konsep 45 telah menghidupkan kembali CUV ukuran menengah Ioniq 5 yang akan diluncurkan pada awal 2021. Desainer Ioniq 5 mengambil inspirasi dari konsep 45 dan mengintegrasikannya ke dalam piksel parametrik mutakhir, elemen desain unik yang Desainer Hyundai akan terus memasukkan model Ioniq masa depan.

Konsep Prophecy

Konsep Visionary Prophecy dengan jelas mewujudkan identitas desain terbaru Hyundai, Sensuous Sportiness, yang dikembangkan dari contoh penentu era yang ditetapkan oleh 45 konsep EV yang menghilangkan kompleksitas demi garis yang bersih dan struktur minimalis.

Prophecy menawarkan siluet ikonik dengan proporsi sempurna yang terinspirasi oleh desain aerodinamis. Memanfaatkan jarak sumbu roda yang diperpanjang dan overhang yang lebih pendek, desainer Hyundai telah mencapai Bentuk Otomotif Tertinggi dalam Nubuatan, menggunakan arsitektur EV baru yang ditentukan oleh permukaan murni dan volume murni yang dikombinasikan dengan harmoni dan fungsionalitas estetika.

Konsep Prophecy diluncurkan pada awal Maret 2020. Desain Prophecy telah memberikan inspirasi pada sedan Ioniq 6, yang akan diluncurkan pada 2022.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

robot Hyundai Ioniq
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top