Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mercedes-Benz eCitaro G, Bus Gandeng Listrik Baterai Padat Inovatif

Mercedes-Benz siap meluncurkan bus gandeng Mercedes-Benz elektrik baru eCitaro G yang dilengkapi pilihan baterai padat energi (solid-state) inovatif. Dengan konsep baterai ini, Mercedes-Benz memimpin teknologi tidak hanya di segmen bus tetapi juga dalam konstruksi otomotif dunia.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 16 September 2020  |  08:15 WIB
Mercedes Benz eCitaro G. Mercedes-Benz dengan tegas melanjutkan perjalanannya menuju elektrifikasi bus kota: eCitaro G baru adalah bus gandeng listrik pertama yang membawa bintang tiga arah.  - Daimler
Mercedes Benz eCitaro G. Mercedes-Benz dengan tegas melanjutkan perjalanannya menuju elektrifikasi bus kota: eCitaro G baru adalah bus gandeng listrik pertama yang membawa bintang tiga arah. - Daimler

Bisnis.com, JAKARTA - Mercedes-Benz siap meluncurkan bus gandeng Mercedes-Benz elektrik baru eCitaro G yang dilengkapi pilihan baterai padat energi (solid-state) inovatif. Dengan konsep baterai ini, Mercedes-Benz memimpin teknologi tidak hanya di segmen bus tetapi juga dalam konstruksi otomotif dunia.

Baterai solid-state memiliki kepadatan energi tinggi, ramah lingkungan, dan tahan lama. Secara umum, kendaraan dengan baterai solid-state sebagai standar baru diharapkan pada pertengahan dekade ini.

Dalam hal ini, Mercedes-Benz bergerak lebih cepat. "Mercedes eCitaro G baru adalah bus kota produksi seri pertama dalam kategorinya di mana pun di dunia yang dilengkapi dengan baterai solid-state," demikian Mercedes-Benz dalam keterangan persnya, Senin (14/9/2020).

Baterai ini memiliki kepadatan energi yang sangat tinggi yaitu sekitar 25 persen lebih besar dari baterai lithium-ion generasi mendatang dengan elektrolit cair. Hasilnya adalah kandungan energi yang mengesankan sebesar 441 kWh untuk eCitaro G.

Teknologi baterai ini juga bebas dari unsur kimia kobalt dan oleh karena itu sangat ramah lingkungan dalam pembuatan komponennya.

Umur panjang baterai solid-state sangat mencolok. Oleh karena itu, saat membeli eCitaro dengan baterai solid-state, jaminan dasar untuk baterai tegangan tinggi hingga 10 tahun atau throughput energi hingga 280 MWh per paket baterai adalah standar.

Selain itu, Mercedes-Benz juga punya alternatif baterai NMC pengisian cepat generasi kedua baru yang bertenaga.

Karena baterai solid-state dibatasi dalam kapasitas pengisian cepatnya, Mercedes-Benz menawarkan generasi baru dari baterai NMC yang sebelumnya digunakan sebagai alternatif. Komposisinya secara khusus dipilih agar sesuai untuk arus pengisian daya tinggi selama pengisian daya tinggi dan, berkat kerapatan energinya, memberi kendaraan jangkauan yang luas.

Baterai NMC generasi baru memiliki kapasitas yang jauh lebih besar, yang berarti peningkatan jangkauan kendaraan. Dengan kapasitas sekitar 33 kWh, bukan 24 kWh per unit baterai dan jumlah maksimum unit yang dipasang, total kapasitas mencapai 396 kWh.

Dalam hal geometri, baterai NMC baru berbentuk prisma identik dengan baterai yang saat ini digunakan dan memiliki koneksi yang sama. Artinya, operator angkutan yang menggunakan eCitaro saat ini sebenarnya akan dapat menambah jangkauan kendaraannya dengan mengganti aki baru.

Mercedes-Benz dengan tegas melanjutkan perjalanannya menuju elektrifikasi bus kota: eCitaro G baru adalah bus gandeng listrik pertama yang membawa bintang tiga arah. Dua versi baterai baru ini juga akan digunakan untuk bus solo Mercedes-Benz eCitaro, yang diluncurkan pada 2018 dan telah terbukti nilainya berkali-kali.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bus Listrik Mercedes Benz eCitaro
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top