Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ExxonMobil Berambisi Jadi Jawara Pelumas di Indonesia

ExxonMobil Lubricants (EMLI) berambisi menjadi pemain utama dalam bisnis pelumas kendaraan bermotor di Indonesia dalam waktu singkat.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 09 September 2020  |  21:26 WIB
 ExxonMobil Lubricants Indonesia luncurkan pelumas untuk pikap, Rabu (16.5.2017). - Bisnis.com/Muhammad Khadafi
ExxonMobil Lubricants Indonesia luncurkan pelumas untuk pikap, Rabu (16.5.2017). - Bisnis.com/Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA – ExxonMobil Lubricants (EMLI) berambisi menjadi pemain utama dalam bisnis pelumas kendaraan bermotor di Indonesia dalam waktu singkat.

Head of Indonesia Lubricants Market Indonesia Patrick Adhiatmadja mengemukakan bahwa dalam tiga tahun mendatang, EMLI akan merangsek ke posisi tiga besar merek pelumas di Tanah Air. 

"Kami ingin menjadi pemain utama di indonesia, dan menargetkan untuk bisa menjadi tiga terbaik dalam waktu tiga tahun mendatang," ujarnya dalam diskusi daring, Rabu (9/9/2020).

Untuk mencapai hal itu, EMLI akan memperkuat konsolidasi internal dan memaksimalkan segala potensi sumber daya yang dimiliki perusahaan.

EMLI saat ini membawahi dua merek pelumas yang cukup populer, yakni Federal Oil untuk segmen roda dua dan Mobil untuk kendaraan roda empat.

Patrick mengatakan bahwa sejak PT Federal Karyatama (FKT) diakuisisi oleh ExxonMobil Indonesia pada 2018, EMLI berupaya melakukan penetrasi market dan memegang hak pemasaran untuk pelumas Federal Oil.

"Federal datang dengan sumbangsih kendaraan roda dua. Mobil™ di sisi lain datang dengan kekuatan komersial industri B2B. Kalau digabungkan itu menjadi konkret, itu yang ingin kamu kuatkan dulu," kata Patrick.

Dia menjelaskan pasca-akuisisi, PT FKT fokus memproduksi pelumas merek Mobil™ dan Federal Oil di pabrik berstandar internasional di Kawasan Industri Cilegon, Banten. Pabrik ini berdiri di atas lahan seluas 2 hektar dan diresmikan pada 23 Agustus 2017. 

Pabrik itu memproduksi 700 ribu barrels per tahun. Khusus produk pelumas merek Mobil, saat ini masih dilakukan pemindahan produksi secara bertahap dari yang sebelumnya dilakukan di pabrik ExxonMobil yang berlokasi di Jurong, Singapura. 

“Kami terus berupaya melakukan integrasi jaringan distribusi penjualan pelumas yang berfokus pada area-area potensial, meliputi wilayah-wilayah di Jawa, Bali, dan Sumatera,” ujarnya.

EMLI dengan pengalaman lebih dari 30 tahun telah menjangkau lebih dari 10 juta konsumen di Indonesia dengan merek Federal Oil, dan lebih dari 15 ribu bengkel independen yang dilayani melalui jaringan distributor di seluruh Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

exxonmobil Industri Pelumas
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top