Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pertamina Gelar Program Tukar Sampah dengan Oli

PT Pertamina Lubricants meluncurkan program di bidang lingkungan, yakni Tukar Oli Dengan Sampah. Program ini mengajak masyarakat untuk menukar sampah menjadi poin yang nantinya dapat ditukar dengan pelumas Pertamina.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 02 September 2020  |  17:40 WIB
Petugas mendata produk yang tersedia dalam gudang di Pabrik Pertamina Lubricants, Gresik, Jawa Timur, Selasa (18/4). - Antara/Zabur Karuru
Petugas mendata produk yang tersedia dalam gudang di Pabrik Pertamina Lubricants, Gresik, Jawa Timur, Selasa (18/4). - Antara/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina Lubricants meluncurkan program di bidang lingkungan, yakni Tukar Oli Dengan Sampah. Program ini mengajak masyarakat untuk menukar sampah menjadi poin yang nantinya dapat ditukar dengan pelumas Pertamina.

SpV HSSE Production Unit Gresik PT Pertamina Lubricants Ifan Sri Widodo mengatakan program ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), yang melibatkan Kedai Kopi Sampah, Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik, Jawa Timur.

“Kami berharap dengan adanya program Tukar Oli dengan Sampah ini, masyarakat bisa lebih termotivasi untuk menjaga dan mencintai lingkungan dengan membantu mengendalikan sampah disekitar mereka,” ujar Ifan dalam siaran resmi, Rabu (2/9/2020).

Dalam program ini, satu kilogram sampah kering akan dikonversi menjadi satu poin. Poin terendah yang dapat ditukar yakni 15 poin untuk satu oli Enduro Gear.

Adapun, masyarakat harus mengumpulkan 34 poin untuk penukaran dengan Enduro Matic G 0.8 L, 40 poin untuk Enduro Matic 0.8 L, 37 poin untuk Enduro 4T 0.8L dan 49 poin untuk Enduro Racing dan 71 poin untuk Pelumas mobil yakni Fastron Techno 1L.

Ketua Karang Taruna RW 07 Kelurahan Sidokumpul Imam Wahyu menjelaskan bahwa masyarakat tidak perlu membawa banyak sampah sekaligus, karena pengumpulan poin akan berbasis digital melalui aplikasi di Kedai Kopi Sampah.

Tukar Oli Dengan Sampah merupakan program lanjutan dari tahun lalu, yang mengusung inovasi Ngopi Bayar Pakai Sampah. Imam menceritakan selama satu tahun berjalan program Ngopi Bayar Pakai Sampah, kedai mampu mengumpulkan 0,8 ton sampah.

“Tujuan utama adalah untuk mengedukasi masyarakat untuk mengendalikan sampah dan mengurangi timbunan sampah ke TPS melalui penabungan sampah hingga penukaran menjadi Pelumas,” tutur Imam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertamina Lubricants Sampah Plastik
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top