Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

3 Langkah Mencegah Karat pada Bodi Mobil ala Auto2000

Serangan karat pada bodi mobil memiliki sifat yang sangat merusak. Mirip dengan kanker pada tubuh manusia, karat sulit terdeteksi di tahap awal hingga akhirnya menjalar, dan sulit diperbaiki.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 26 Agustus 2020  |  20:00 WIB
Dealer Auto2000. Agar mudah dan nyaman, AutoFamily bisa mengorder layanan pemasangan antikarat lewat menu aksesori di Auto2000 Digiroom The First Toyota Showroom in Your Pocket yang dibedakan atas model kendaraan.  -  Auto2000
Dealer Auto2000. Agar mudah dan nyaman, AutoFamily bisa mengorder layanan pemasangan antikarat lewat menu aksesori di Auto2000 Digiroom The First Toyota Showroom in Your Pocket yang dibedakan atas model kendaraan. - Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA - Serangan karat pada bodi mobil memiliki sifat yang sangat merusak. Mirip dengan kanker pada tubuh manusia, karat sulit terdeteksi pada tahap awal hingga akhirnya menjalar, dan sulit diperbaiki.

Karat merupakan hasil korosi, oksidasi suatu logam yang memiliki sifat merusak. Besi atau logam berkarat bersifat rapuh, mudah larut, dan bercampur dengan logam lain. Karat cepat menyebar dan membuat kekuatan sasis menurun bila mengenai rangka mobil.

“Serangan karat sulit untuk dideteksi dan berubah menjadi masalah besar bila tidak segera ditangani," ujar Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000, dalam keterangan tertulis Rabu (26/8/2020).

Untuk itu, dealer resmi kendaraan Toyota, Auto200 memberikan tiga langkah pencegahan timbulnya karat pada bodi mobil, berikut penjelasannya.

1. Cuci Mobil Secara Rutin

Bagi yang tinggal di daerah perkotaan, mencuci mobil bukanlah perkara mudah. AutoFamily bisa menyiasatinya dengan datang ke tempat cuci mobil. Pastikan petugas membersihkan seluruh area mobil, terutama bagian kolong yang paling rawan karat.

Bagi AutoFamily yang senang mencuci mobil sendiri, hindari mencuci di bawah terik matahari atau di bawah pohon. Gunakan alat yang sesuai dan jangan paksakan memakai air tanah yang kurang layak.

Pastikan seluruh bagian mobil kering sempurna dan lakukan inspeksi bodi mobil dari potensi karat, ditandai oleh noktah berwarna merah di permukaan logam yang mengelupas saat dikerok.

2. Segera Lakukan Body Repair

Meski hanya baret, jangan tunda untuk melakukan perbaikan bodi mobil yang rusak karena merupakan pintu masuk terbentuknya karat. Auto2000 sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia saat ini memiliki 22 fasilitas Body & Paint (BP) yang memberikan kemudahan perbaikan bodi kendaraan.

Konsumen bisa datang juga ke bengkel Auto2000 yang tidak memiliki fasilitas BP karena teknisi yang akan mengurus ke fasilitas BP terdekat. Pemesanan dapat dilakukan via Auto2000.co.id, sehingga konsumen bisa mengatur waktu kunjungan ke bengkel. Auto2000 memberikan garansi perbaikan bodi mobil selama enam bulan setelah perbaikan.

3. Lapisan Antikarat

Sebenarnya mobil baru sudah memakai lapisan antikarat. Namun seiring waktu, ditambah beragamnya situasi dan kondisi pemakaian, lapisan tersebut bisa terkikis. Beberapa titik dari mobil juga biasanya belum ada lapisan antikarat.

Sebaiknya AutoFamily melakukan pemberian lapisan antikarat setiap 1 tahun sekali atau berdiskusi dengan Service Advisor Auto2000 untuk informasi lebih detail. Anti karat yang digunakan terbuat dari material Bitumen berwarna hitam untuk mencegah timbulnya karat dan meredam suara kendaraan.

Agar mudah dan nyaman, AutoFamily bisa mengorder layanan pemasangan antikarat lewat menu aksesori di Auto2000 Digiroom The First Toyota Showroom in Your Pocket yang dibedakan atas model kendaraan.

Sebagai contoh, aplikasi antikarat pada Avanza atau Rush dikenai biaya Rp1.638.000, sudah termasuk biaya pemasangan serta garansi 1 tahun atau 20.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bodyshop Auto2000 Tip Merawat Mobil
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top