Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Porsch Produksi Piston Inovatif dengan Printer 3D

Menggandeng Mahle dan Trumpf, Porsche membangun tonggak baru dalam proses manufaktur aditif untuk komponen drive yang sangat presisif. Kini, untuk pertama kalinya, piston mesin performa tinggi GT2 RS, model flagship 911, sekarang diproduksi dengan printer 3D.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 14 Juli 2020  |  04:40 WIB
Sekitar 20 bagian yang direproduksi untuk model klasik Porsche saat ini diproduksi menggunakan proses aditif.  - Porsche
Sekitar 20 bagian yang direproduksi untuk model klasik Porsche saat ini diproduksi menggunakan proses aditif. - Porsche

Bisnis.com, JAKARTA - Menggandeng Mahle dan Trumpf, Porsche membangun tonggak baru dalam proses manufaktur aditif untuk komponen drive yang sangat presisif. Kini, untuk pertama kalinya, piston mesin performa tinggi GT2 RS, model flagship 911, sekarang diproduksi dengan printer 3D.

Teknologi pencetakan 3D sudah digunakan di pabrik mobil sport ini dalam konstruksi prototipe, pembuatan suku cadang untuk mobil sport klasik, serta di area lain.

Pencetakan 3D memungkinkan piston diproduksi dengan struktur lebih optimal. Piston dari proyek pengembangan lanjutan berbobot sepuluh persen lebih rendah dari piston produksi biasa.

Mereka juga memiliki saluran pendingin terintegrasi dan tertutup di mahkota piston yang tidak mungkin diproduksi dengan metode konvensional.

“Berkat piston baru yang lebih ringan, kami dapat meningkatkan kecepatan engine, menurunkan beban suhu pada piston, dan mengoptimalkan pembakaran,” jelas Frank Ickinger dari departemen pengembangan drive advance di Porsche, Senin (13/7/2020).

Piston ini memungkinkan untuk mendapatkan daya hingga 30 PS lebih dari mesin biturbo 700 PS, sementara pada saat yang sama meningkatkan efisiensi.

Membangun bagian demi bagian memungkinkan realisasi desain baru dan lebih baik.

Ada sejumlah teknologi berbeda untuk pencetakan 3D. Semua didasarkan pada prinsip bahwa komponen dibangun lapis demi lapis tanpa perlu membuat alat atau cetakan khusus. Praktis setiap bentuk geometris dapat direalisasikan.

Printer dapat diberi umpan dengan data desain langsung dari komputer. Proses manufaktur aditif dengan demikian ideal untuk memproduksi struktur yang telah dirancang dan dioptimalkan dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI).

Piston 911 GT2 RS dibuat dari serbuk logam dengan kemurnian tinggi menggunakan proses fusi logam laser (LMF). Di sini, sinar laser memanaskan dan melelehkan permukaan bubuk sesuai dengan kontur bagian.

Porsche memulai proyek bersama bersama dengan mitra kerja sama Mahle dan Trumpf. Kualitas dan kemampuan kinerja komponen divalidasi menggunakan teknologi pengukuran dari Zeiss.

Bidang aplikasi untuk pencetakan 3D di Porsche cukup luas dan banyak potensi bidang pengguna baru. Porsche sudah menggunakan proses manufaktur tambahan di beberapa area. Misalnya, kursi bucket penuh bentuk tubuh cetak-3D telah tersedia sejak Mei untuk seri model 911 dan 718.

Di sini, bagian tengah dudukan, dengan kata lain permukaan bantal dan sandaran, sebagian diproduksi oleh printer 3D. Pelanggan akan dapat memilih antara tiga tingkat ketegasan (keras, sedang, lunak) untuk lapisan kenyamanan di masa depan.

Porsche Classic juga menggunakan proses aditif untuk mereproduksi suku cadang plastik, baja, dan paduan yang sebelumnya tidak lagi tersedia. Tuas rilis untuk kopling Porsche 959, misalnya, hari ini berasal dari printer 3D.

Sekitar 20 bagian yang direproduksi untuk model klasik Porsche saat ini diproduksi menggunakan proses aditif.

Teknologi pabrikan ini juga menarik secara teknis dan ekonomis untuk Porsche untuk seri khusus dan kecil serta sport. Oleh karena itu, pencetakan 3D menawarkan potensi signifikan bagi inovasi produk dan proses, yang pada gilirannya akan memungkinkan pelanggan mendapatkan manfaat dari produk yang menarik dan individual.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kecerdasan buatan (AI) Pabrik Mobil Porsche AG
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top