Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Debut, Lamborghini Sian Roadster Berteknologi Hibrida Unik

Automobili Lamborghini menghadirkan Sián Roadster, mobil sport super hibrida open-top. Diproduksi dalam seri terbatas 19 unit, dan semua sudah ludes terjual.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 09 Juli 2020  |  10:20 WIB
Lamborghini Sian Roadster. - Lamborghini
Lamborghini Sian Roadster. - Lamborghini

Bisnis.com, JAKARTA - Automobili Lamborghini menghadirkan Sián Roadster, mobil sport super hibrida atap terbuka. Mobil ini diproduksi dalam seri terbatas 19 unit, dan semuanya sudah ludes terjual.

Desain tanpa atap Sián Roadster menempatkan pengemudi di salah satu kokpit paling spektakuler : terbuka ke langit, beresonansi dengan suara V12 dari mesin paling kuat, dan menikmati kinerja luar biasa sang hibrida.

“Sián Roadster merangkum semangat Lamborghini,” kata Stefano Domenicali, Ketua dan Kepala Eksekutif Automobili Lamborghini, Rabu (8/6/2020).

Sián Roadster adalah ekspresi desain menakjubkan dan kinerja luar biasa, serta mewujudkan teknologi masa depan. Sistem penggerak hibrida powerfull adalah ciri mobil sport super Lamborghini, dan Sián Roadster menegaskan gaya hidup menuju hari esok yang menuntut solusi baru.

Memulai debutnya di Blu Uranus, Sián Roadster dibangun Lamborghini Centro Stile dan departemen Ad Personam dengan melibatkan setiap klien Sián untuk mempersonalisasi warna dan penyelesaian mobil mereka, sehingga sepenuhnya mengekspresikan kepribadian mereka.

Sián Roadster merangkum biru langit dan hijau ladang, dan selesai dengan roda Oro Electrum: warna yang dipilih oleh Lamborghini untuk menandakan elektrifikasi.

Interior pelengkapnya adalah kombinasi putih elegan dengan detail Blu Glauco dan elemen aluminium di Oro Electrum: ventilasi udara desain baru yang diproduksi melalui pencetakan 3D memungkinkan penyesuaian dengan inisial klien.

Desain untuk masa depan

Roadster Lamborghini Sián menegaskan desain futuristik dari coupé, tetapi sebagai roadster menambahkan kabin terbuka.

Pandangan udara dari Sián Roadster adalah tanda garis periskopio ikonik yang diilhami oleh Countach pertama, berjalan secara diagonal dari kokpit ke belakang dan memuncak pada aliran udara aerodinamis di belakang pengemudi dan penumpang.

Kontur pahatan Sián yang panjang dan sayap aero yang khas memberinya profil yang sangat kuat. Bagian depan mobil yang sangat rendah, dengan pembagi serat karbon terintegrasi, menjadi rumah bagi lampu utama Lamborghini Y-iconic.

Desain Sián merupakan pernyataan efisiensi aerodinamis dan kecakapan teknologi yang dioptimalkan dari mobil: aliran udara diarahkan melalui splitter depan dan melalui kap depan, melalui intake udara samping dan outlet dan melalui spoiler belakang, tanpa kehilangan efisiensi aerodinamis dari desain tanpa atap roadster.

Baling-baling pendingin aktif di bagian belakang menggunakan bahan-bahan unik, teknologi sains yang dipatenkan oleh Lamborghini. Pengoperasian baling-baling dipicu oleh reaksi elemen bahan pintar terhadap suhu dari sistem pembuangan, menyebabkan mereka berputar, dan memberi pendinginan elegan.

Bagian belakang mobil yang ekstrem dan kuat menggabungkan desain segi enam evokatif Lamborghini, termasuk enam lampu belakang heksagonal yang terinspirasi oleh Countach. Sayap belakang terintegrasi dalam profil dan meluas hanya selama mengemudi untuk meningkatkan kinerja.

Teknologi elektrifikasi

Sasis yang rendah dan kuat merumahkan pembangkit listrik V12 generasi berikutnya. Sián dalam dialek Bolognese lokal, yang berarti flash atau lightening, menunjukkan elektrifikasi Roadster Sian sebagai bagian dari strategi hibrida masa depan, dengan tetap mempertahankan emosi dan dinamika kinerja yang melekat pada mobil sport super Lamborghini.

Sistem hibridan Sián Roadster menyediakan tenaga setinggi mungkin melalui solusi paling ringan, menggabungkan mesin V12 dengan powertrain baru.

Perangkat e-motor 48 volt, menghasilkan 34 hp, dimasukkan gearbox untuk memberikan respons langsung dan peningkatan kinerja. E-motor juga mendukung manuver kecepatan rendah seperti membalikkan dan parkir dengan tenaga listrik.

Roadster Sián menampilkan aplikasi superkapasitor inovatif Lamborghini: teknologi pertama di dunia yang menyimpan sepuluh kali kekuatan baterai lithium-ion. Terletak di sekat antara kokpit dan engine, superkapasitor memastikan distribusi bobot yang sempurna.

Tiga kali lebih kuat dari baterai dengan bobot sama dan tiga kali lebih ringan dari baterai yang menghasilkan daya sama, sistem listrik dengan superkapasitor dan e-motor hanya berbobot 34 kg, sehingga memberikan rasio bobot-ke-daya yang luar biasa dari 1,0 kg/hp.

Aliran daya simetris memastikan efisiensi yang sama dalam siklus pengisian dan pemakaian: solusi hibrida paling ringan dan efisien.

Teknologi canggih ini bergabung dengan mesin V12, yang menggabungkan katup pemasukan titanium dan ditingkatkan hingga 785 hp (577 kW) pada 8.500 rpm. Dikombinasikan dengan 34 hp tambahan dari sistem hybrid, Sián Roadster menghasilkan total 819 hp (602 kW) dan mencapai kecepatan tertinggi lebih dari 350 km/jam.

Roadster Lamborghini Sián menggabungkan sistem pengereman regeneratif sangat canggih. Perilaku simetris supercapacitor, yang bertentangan dengan baterai Li-ion normal dapat diisi dan digunakan dengan daya yang sama, mengisi penuh sistem penyimpanan energi Sián setiap kali kendaraan mengerem.

Energi yang disimpan menambah daya secara instan, memungkinkan pengemudi untuk segera menarik torsi ketika berakselerasi, hingga 130 km/jam ketika e-motor terputus secara otomatis, meningkatkan manuver elastisitas dan membuatnya lebih dari 10% lebih cepat daripada mobil tanpa sistem ini.

Sistem inovatif juga menghadirkan akselerasi instan pada gigi rendah, dengan gaya traksi yang ditingkatkan dengan kombinasi mesin V12 dan sistem hybrid. Sián Roadster berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 2,9 detik.

Peningkatan manuver elastisitas bahkan lebih jelas, misalnya kekuatan traksi ditingkatkan hingga 10% pada gigi ketiga.

Lamborghini Sián Roadster mendapatkan keuntungan dari tingkat kenyamanan berkendara yang tinggi yang difasilitasi oleh sistem hibrida bersama dengan penanganan dan kinerja yang dinamis.

Momentum saat perlambatan dan torsi yang hilang selama penggantian gigi padamesin pembakaran tradisional itu dihilangkan oleh pengisian penggerak torsi yang disediakan motor-e hybrid: pilot hanya akan merasakan tarikan mundur percepatan, menghilangkan gerakan menyentak yang tidak nyaman.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lamborghini Supercar Lamborghini Sian
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top