Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Daring Jadi Solusi Industri Otomotif

Aktivitas penjualan mobil baru secara daring atau online menjadi pilihan para agen pemegang merek (APM) dalam menghadapi masa transisi pembatasan sosial berskala besar atau PSBB.
Toyota Interactive Virtual Assistant. Foto ANTARAa
Toyota Interactive Virtual Assistant. Foto ANTARAa

Bisnis.com, JAKARTA - Aktivitas penjualan mobil baru secara daring atau online menjadi pilihan para agen pemegang merek (APM) dalam menghadapi masa transisi pembatasan sosial berskala besar atau PSBB.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, menuturkan bahwa meningkatnya aktivitas publik pada pekan pertama bulan ini selaras dengan tren pemesanan mobil baru Honda yang perlahan menanjak.

"Penjualan pada dua bulan terakhir memang terdampak pada pembatasan aktivitas akibat pandemi. Namun, kondisi saat ini mulai menunjukkan perbaikan karena didukung makro ekonomi dan peningkatan aktivitas masyarakat," tuturnya, pada pekan lalu.

Billy menyatakan fokus perusahaan saat ini adalah terus menyesuaikan kebutuhan dan perilaku konsumen pada normal baru, terutama dengan meningkatkan penjualan dan layanan melalui platform digital.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandi, yang mengatakan Toyota akan meningkatkan aktivitas pemasaran secara daring pada masa transisi PSBB.

Dia menyebutkan angka prospek penjualan kendaraan baru Toyota lewat platform digital diklaim terus mengalami peningkatan. "Dulu biasanya di bawah 10%, sekarang sudah naik ke level 15%-20%. Ke depannya kemungkinan bisa naik lagi," kata Anton.

Adapun, Billy menyatakan pembelian daring mobil Honda telah mencapai lebih dari 25% dari seluruh total angka penjualan di Indonesia.

Senior Associate MarkPlus Inc Nadya Prasetyo mengatakan terdapat sejumlah konsumen yang menanti pendekatan digital dalam penjualan produk otomotif. Layanan seperti uji kendara secara daring dan kendaraan yang diantar ke rumah dapat diterapkan oleh dealer.

Pendapat itu merupakan hasil rangkuman dari hasil survei MarkPlus Insight kepada 105 responden pada Mei 2020.Hasilnya, sebanyak 73% di antaranya berencana membeli sepeda motor dan 42% berencana membeli mobil pada tahun ini.

Namun, rencana itu terpaksa ditunda akibat pandemi Covid-19. Sebanyak 22% menyatakan ingin membeli mobil pada kuartal IV 2020 dan 27% lainnya akan membeli mobil pada kuartal II-2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper