Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips dan Trik Menjaga Performa Kendaraan Selama Pandemi Virus Corona

Performa kendaraan bisa saja turun, saat pemerintah memberlakukan kebijakan pembatasan aktivitas ke luar rumah.
Staf pemasar menjelaskan spesifikasi mobil Toyota New Agya di Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/7/2019). Line-up terbaru segmen entry hatchback Toyota ini diharapkan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia khususnya kawula muda. /BISNIS.COM-Rachman
Staf pemasar menjelaskan spesifikasi mobil Toyota New Agya di Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/7/2019). Line-up terbaru segmen entry hatchback Toyota ini diharapkan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia khususnya kawula muda. /BISNIS.COM-Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna mengurangi penyebaran virus corona (Covid-19), maka wajar penggunaan kendaraan berkurang secara drastis. 

Namun demikian, sangatlah penting untuk tetap menjaga kondisi dan performa kendaraan untuk menghindari kerusakan-kerusakan permanen yang dapat terjadi ketika kendaraan sedang di berada rumah. 

Berikut beberapa tips dan trik dari PT Aneka Petroindo Raya (BP-AKR) yang dapat dilakukan oleh pemilik kendaraan agar tetap bisa menjaga performa kendaraan selama PSBB.

1. Menyalakan Mesin Kendaraan

Aki kendaraan akan habis dengan seiringnya waktu, karena walaupun kendaraan dalam kondisi mati beberapa fitur elektronik akan tetap hidup untuk memonitor kondisi kendaraan tersebut.

Untuk menghindari terjadinya kerusakan pada aki kendaraan, ada baiknya jika mesin kendaraan dinyalakan setidaknya dua minggu sekali. 

Menyalakan mesin kendaraan setidaknya dua minggu sekali tidak hanya membantu menjaga kondisi aki kendaraan, tetapi juga akan mencegah mesin dan mekanisme lainnya mengering.

Jika kendaraan didiamkan terlalu lama, maka oli kendaraan dapat mengendap, cairan terpisah, dan segel-segel yang berfungsi sebagai pengunci atau penutup katup dapat mulai mengering dan akan menyebabkan kerusakan. 

Dengan menyalakan mesin, meskipun hanya untuk sejenak dapat membantu menjaga sirkulasi cairan dan memastikan semua bagian yang bergerak seperti transmisi, rem, dan sebagainya, tetap terlumasi dengan baik.

2. Menjaga Kebersihan Kendaraan

Anda harus memastikan kendaraan dibersihkan sedikitnya tiga kali dalam seminggu. 

Untuk mobil, Anda dapat menyalakan AC untuk membersihkan partikel debu yang ada di dalam mobil. 

Sebaiknya, Anda juga membersihkan bagian luar kendaraan dan bagian dalam secara menyeluruh untuk menghindari bau, bakteri, dan karat.

3. Disinfeksi Bagian Kendaraan yang Sering Disentuh

Untuk membantu mengurangi penyebaran Covid-19, setelah membersihkan kendaraan Anda, sangat disarankan untuk menggunakan desinfektan pada area yang sering disentuh saat menggunakan kendaraan. 

Area yang sering disentuh termasuk pintu, kaca spion, dashboard, kursi, sandaran lengan di mobil, sabuk pengaman, dan rem tangan. 

Isopropyl Alcohol adalah kandung desinfektan yang terbukti efektif dan aman digunakan pada sebagian besar permukaan interior mobil untuk menghilangkan noda serta membunuh bakteri dan virus.

4. Pastikan Kendaraan Memiliki Bahan Bakar yang Memadai 

Anda perlu memastikan bahan bakar kendaraan Anda dalam kondisi penuh, untuk menghindari kondensasi di dalam tangki bahan bakar karena ruang kosong. Kondensasi di dalam tangki dapat menyebabkan karat, karena itu bahan bakar penuh dapat membantu mencegah karat dan penguapan. 

Terlepas dari jumlah bahan bakar, kondisi oli juga sangatlah penting untuk kendaraan Anda. 

Jika memungkinkan di saat mengisi bahan bakar, Anda juga mengganti oli kendaraan untuk memastikan kondisi kendaraan akan tetap maksimal.

Pemilihan bahan bakar juga penting untuk menjaga kondisi kendaraan. Menggunakan bahan bakar yang tidak tepat bisa menyebabkan penumpukan kotoran hingga berkerak dan berujung performa mesin menurun. 

Kotoran berupa endapan berbahaya pada mesin mobil dapat membuat suara mesin menjadi kasar serta meningkatkan konsumsi bahan bakar. Pastikan kendaraan Anda menggunakan bahan bakar yang mampu bantu melindungi mesin kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper