Innova, Tetap Perkasa dari Masa ke Masa

Toyota Innova mungkin salah satu model medium MPV paling banyak diinginkan oleh keluarga Indonesia. Hal itu tercermin dari data penjualan Innova yang selalu konsisten sementara model pesaingnya megap-megap.
Tampak depan Mobil Toyota Innova.
Tampak depan Mobil Toyota Innova.

Bisnis.com, JAKARTA -- Toyota Innova mungkin salah satu model medium MPV paling banyak diinginkan oleh keluarga Indonesia. Hal itu tercermin dari data penjualan Innova yang selalu konsisten sementara model pesaingnya megap-megap.

Pada segmen medium multipurpose vehicle (MPV) Innova bak tanpa pesaing karena angka penjualannya yang terlalu jomplang dengan model lain sejenis. Selama 11 tahun terakhir rerata penjualan Innova pada kisaran 55.600-an unit per tahun, sementara para pesaing sulit untuk menembus dua digit penjualan.

Catatan penjualan itu membawa Innova menjadi salah satu model yang konsisten masuk dalam jajaran 5 besar mobil terlaris di Tanah Air. Bagi Toyota, Innova memiliki posisi tersendiri karena merupakan penerus dari model legendaris Kijang sehingga telah lebih dari 43 tahun kehadirannya di Indonesia.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) menempatkan Innova di atas Avanza-Veloz untuk menyasar konsumen keluarga kelas menengah yang naik kelas. Toyota mengklaim, Innova menawarkan kabin yang luas dan kualitas layanan purnajual yang mumpuni melalui jaringan dealer Toyota.

TAM memasarkan Innova dalam dua pilihan bahan bakar yakni bensin dan diesel. Harga Innova mulai dari Rp323,5 juta hingga Rp480,1 juta (OTR DKI Jakarta, diakses 23/4). Model MPV ini tersedia dalam dua pilihan bahan bakar-bensin dan diesel sehingga konsumen memiliki lebih banyak pilihan.

Kelengkapan varian itu membuat Innova mendominasi pangsa pasar medium MPV hingga di atas 90%. Innova selain menjadi produk yang laris di Tanah Air juga menjadi salah satu produk andalan yang dikirimkan ke berbagai negara di dunia.

Santer beredar Innova akan mendapatkan penyegaran karena hampir 5 tahun belum mendapatkan perubahan minor. Sejauh ini, Toyota masih menutup rapat perihal penyegaran Innova. Yang pasti, Innova masih menjadi salah satu motor utama penjualan Toyota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper