Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kisah Max Reisbock, Keluarga, & BMW Seri 3 Touring yang Mendunia

BMW Seri 3 Touring mulai diproduksi dan dipasarkan secara global sejak 1988, dan mulai melintas dari masa ke masa.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 23 April 2020  |  10:38 WIB
BMW Seri 3 Touring. - BMW
BMW Seri 3 Touring. - BMW

Bisnis.com, JAKARTA — Max Reisbock semula hanya ingin memiliki mobil dengan bagasi yang cukup besar untuk menampung kereta bayi dan koper liburan keluarganya. Namun, kenyataan melampaui keinginannya. BMW Seri 3 Touring ciptaannya kini mendunia.

BMW Seri 3 Touring merupakan hasil tangan dingin Reisbock. Pada pertengahan 1980, pria yang bekerja di departemen konstruksi purwarupa BMW di Munich, Jerman, ini sadar bahwa model sedan saat itu tidak memiliki bagasi luas untuk menampung barang bawaan keluarganya ketika berlibur.

Oleh sebab itu, bermodal anggaran US$13.000, dia membeli BMW 323i bekas, menaruh mobil itu di bagasi kecilnya dan mulai memereteli satu per satu bagian mobil.

Sebagai spesialis bodywork, Reisbock tidak memiliki masalah dalam memotong bagian mobil.

Mula-mula, dia menggunakan potongan pracetak, lalu memindahkan pilar C yang umumnya dimiliki oleh mobil sedan dan menggantinya dengan pilar D yang berfungsi menyangga bagian bagasi mobil dan atap belakang. Pilar D biasanya digunakan untuk model sport utility vehicle (SUV).

Selangkah demi selangkah, Reisbock mengubah sedan Seri 3 itu menjadi model touring atau yang biasa disebut wagon. Dalam hitungan 500 jam kemudian, mobil ciptaannya tersebut akhirnya siap meluncur meninggalkan garasi.

Reisbock awalnya hanya menunjukkan model ciptaannya kepada teman-teman terdekat. Namun, dia pun memberanikan diri menunjukkan kreasinya kepada petinggi BMW saat itu, Eberhard von Kuenheim.

Kepala Eksekutif BMW tersebut rupanya menyukai model itu dan secara spontan mengatakan bahwa BMW bakal memproduksinya. Alhasil, BMW Seri 3 Touring mulai diproduksi dan dipasarkan secara global sejak 1988, dan mulai melintas dari masa ke masa.

HADIR DI INDONESIA

Setelah hadir lebih dari tiga dekade dan terjual sebanyak 1,7 juta unit, BMW akhirnya merilis Seri 3 Touring Station Wagon pada 2019. Di Indonesia, mobil yang sudah memiliki delapan generasi ini baru saja meluncur pada 17 April 2020.

BMW Group Indonesia merilis mobil ikonik itu secara virtual. Mobil ini juga hanya bisa dibeli melalui toko resmi BMW di Tokopedia. Dengan jumlah terbatas, yakni 25 unit, mobil berdimensi total 4.709 mm ini langsung mencuri perhatian pencinta mobil klasik.

Direktur Komunikasi BMW Group Indonesia Jodie O'tania mengatakan bahwa kehadiran BMW All-New BMW 320i Touring M Sport merupakan momen bersejarah bagi seluruh pencinta merek mobil asal Jerman ini.

"Peluncuran kendaraan terbaru ini merupakan momen bersejarah untuk rangkaian BMW Seri 3 yang legendaris karena akan menjadi tipe bodi touring atau station wagon yang pertama kali diluncurkan secara resmi di Indonesia,” tuturnya.

BMW 320i Touring M Sport hadir dengan desain dinamis, peningkatan berkendara signifikan, dan fungsionalitas.

Generasi terbaru dari model lima pintu sportif ini menggabungkan atribut inti dari BMW Seri 3 sedan dengan tata ruang interior lapang, prakstis, dan fleksibel.

Ruang bagasi memiliki volume sebesar 500 liter atau 5 liter lebih banyak dari generasi sebelumnya.

Artinya, saat semua bangku ditempati, kapasitas muatan utama yang dapat digunakan bertambah 32 liter.

Luasnya bagasi itu pun mengingatkan pada tujuan awal mobil ini dibuat, yakni untuk keluarga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif BMW
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top