Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Insentif Kebijakan dan Kesadaran Konsumen Pacu Penjualan Mobil Listrik

Insentif kebijakan terkait dengan mobil listrik akan berdampak signifikan seiring kesadaran konsumen dalam menggunakan kendaraan terelektrifikasi.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 17 Februari 2020  |  02:59 WIB
Supir taksi online melakukan pengisian daya mobil listrik di Jakarta, Kamis (13/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Supir taksi online melakukan pengisian daya mobil listrik di Jakarta, Kamis (13/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Insentif kebijakan terkait dengan mobil listrik akan berdampak signifikan seiring kesadaran konsumen dalam menggunakan kendaraan terelektrifikasi.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, misalnya, memberikan insentif pembebeasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) terhadap kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Hal itu tertuang dalam Peraturan Gubernur No. 3/2020 tentang Insentif Pajak BBNKB Listrik Berbasis Baterai (BEV) untuk Transportasi Jalan.

Jodie O'tania, Direktur Komunikasi BMW Grup Indonesia, mengatakan bahwa semua aturan yang disiapkan oleh pemerintah akan berdampak efektif terhadap penjualan mobil listrik. Namun, kesadaran konsumen juga diperlukan dalam menggenjot penggunaan kendaraan berbasis listrik seutuhnya.

"Demand pasti butuh dari market terlebih dahulu. Semua tergantung konsumen, jika mereka mau beli, semua pasti akan mengikuti. Jadi, bukan lagi dibalik seperti tunggu aturan dan lainnya," ujar Jodie saat ditemui di Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Selain itu, BMW Group Indonesia juga memacu kinerja mobil listrik di Indonesia dengan bekerja sama dengan sejumlah instansi, seperti Perusahaan Listrik Negara (PLN), Pertamina, dan kementerian terkait.

Sejak pertengahan 2019, BMW Group Indonesia menyatakan sudah masuk ke fase distribusi produk mobil listriknya, BMW i3S, secara bertahap. Pada tahun ini, pabrikan Jerman ini juga akan membawa lebih banyak model mobil listrik.

Semua produk BMW i, yakni i3 dan i8, diproduksi di pabrik khusus BMW i di Leipzig, Jerman. Mobil ini dirancang khusus untuk memaksimalkan faktor ramah lingkungan, termasuk sumber energi terbarukan, penerapan daur ulang cair, dan penanganan khusus pada limbah pabrik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top