Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Beda Suzuki XL7 dengan XL6 Keluaran India dan Ertiga

XL7 yang hadir di Indonesia dibuat berdasarkan survei konsumen Tanah Air, bukan serta merta menirukan XL6 India.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 15 Februari 2020  |  17:53 WIB
Suzuki XL7 - www.suzuki.co.id
Suzuki XL7 - www.suzuki.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru saja meluncurkan model terbarunya dari segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV) yakni Suzuki XL7. Model ini disebut-sebut mirip dengan XL6 yang baru-baru ini diluncurkan di India.

Sekilas, secara tampilan, kedua mobil ini mirip satu dengan yang lainnya. Namun Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, mengatakan XL6 India dan XL7 yang baru diluncurkan di India adalah dua produk yang berbeda.

Donny mengatakan secara segmen dan kebutuhan XL7 berbeda dengan XL6 yang baru-baru ini dirilis oleh Maruti Suzuki India. Donny menyebutkan XL7 yang hadir di Indonesia dibuat berdasarkan survei konsumen Tanah Air, bukan serta merta menirukan XL6 India.

“Karena segmen dan requirement market berbeda antara Indonesia dan India. Studi mengenai XL7 dilakukan di Jepang dengan mendengar masukan-masukan dari konsumen Indonesia. Jadi, tidak serta merta kami develop mobil ini,” kata Donnny di Jakarta, Sabtu (15/2).

Donny menjelaskan pihaknya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengembangkan mobil Suzuki XL7 ini. Pengembangannya, lanjut Donny dilakukan dengan pihak principal di Jepang.

“Kami develop mobil ini, lewat koordinasi dengan prinsipal. Kemudian mendengar masukan dari konsumen setia kami, juga calon konsumen potensial kami, sehingga kami berkesimpulan inilah produk Low SUV yang diinginkan pecinta Suzuki,” ujarnya.

Selain berbeda dengan XL6, Donny menyatakan XL7 juga memiliki perbedaan mencolok dengan Suzuki Ertiga. Diketahui, XL7 dan Ertiga sama-sama menggunakan sasis modern yang bernama Heartect.

Meski begitu, Donny meyakinkan keduanya memiliki spesifikasi teknis hingga pangsa pasar yang berbeda. Secara teknis spesifikasi kedua mobil memiliki 211 komponen berbeda.

“Sebagai contoh, walaupun secara kasat mata tidak kelihatan, tetapi desain tangki bahan bakarnya berbeda,” ucap Donny.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suzuki Suzuki Indomobil Sales
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top