Ada Insentif, DPR Yakin Harga Mobil Listrik Bisa Setara Avanza

Dengan regulasi dan insentif pendukung dari pemerintah,  harga mobill listrik diyakini dapat setara dengan mobil Internal Combution Engine (ICE) di kelas LMPV.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 12 Februari 2020  |  17:13 WIB
Ada Insentif, DPR Yakin Harga Mobil Listrik Bisa Setara Avanza
Mobil listrik Tesla Model X di jalanan kota Hong Kong, Jumat (25/1/2019). - ANTARA News/Alviansyah P.

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Azis Syamsuddin mendorong harga mobil listrik dapat setara dengan harga Toyota Avanza dan Kijang Inova.

Menurutnya jika harga mobil listrik dapat setara dengan Avanza, Inova, atau mobil berbahan bakar fosil di kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) lainnya, maka akan dapat diterima oleh pasar.

“Jadi bagaimana mobil-mobil avanza, innova, secara majority bisa digunakan masyarakat. Bikin mobil listrik harga terjangkau, jadi nilai keekonomisannya harus terjangkau,” kata Azis di Kantor LDII, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Menurut dia, saat ini pemerintah sudah mendorong agar mobil listrik dapat melakukan penetrasi ke pasar melalui sejumlah insentif  dan regulasi.

Misalnya saja, Peraturan Pemerintah No. 73/2019, Perpres No. 55/2019, dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 3/2020. Ketiga aturan tersebut mengatur soal pemberian insentif terkait kendaraan bermotor listrik.

“Ya kalau regulasi udah ada Perpres 55. Tapi regulasi harus sinergi dengan kementerian keuangan dari sisi perpajakan. Jadi dalam rangka kalau ada item impor bisa dikurangi,” ujar Azis.

Dia juga cukup yakin dengan adanya regulasi dan insentif pendukung dari pemerintah,  harga mobill listrik dapat setara dengan mobil Internal Combution Engine (ICE) di kelas LMPV.

“Bisa itu itu dari sisi perpajakan dan cukai,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mobil Listrik

Editor : Oktaviano DB Hana
KOMENTAR


-->
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top