Pergantian Model Diklaim Hambat Ekspor Kendaraan Komersial Suzuki

Penurunan ekspor mobil komersial ini disebabkan oleh adanya proses pergantian ke model baru, yakni New Carry Pick Up. Model ini dirilis pada April dan mulai diekspor pada Juli.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 02 November 2019  |  07:53 WIB
Pergantian Model Diklaim Hambat Ekspor Kendaraan Komersial Suzuki
New Carry Fluzh Concept hadir dengan eksterior yang dibalut warna Matte Chrome Steel Blue berkonsep low rider. - Foto SIS

Bisnis.com, JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim total ekspor kendaraan niaga tetap mengalami pertumbuhan pada tahun ini meski sempat tertahan akibat adanya peralihan ke model baru.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor kendaraan komersial Suzuki pada Januari—September tercatat menurun 38,89% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Berdasarkan data itu, penurunan ekspor kendaraan komersial Suzuki disebabkan oleh berhentinya pengiriman ke kawasan Timur Tengah. Pada tahun lalu, ekspor pabrikan asal Jepang ke kawasan tersebut mencapai 1.425 unit atau mencapai 26,45% dari total ekspor Suzuki sebanyak 5.387 unit.

Kendati demikian, ekspor ke kawasan Asia, Oceania, dan Amerika Selatan tetap dilakukan pada 2019. Suzuki juga mulai menambah model baru untuk diekspor seperti Carry dan New Carry. Namun, tambahan model baru ini tidak dapat menutupi hilangnya pasar ekspor ke Timur Tengah.

Rudiansyah, Head of PR & Digital PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyatakan bahwa penurunan ekspor mobil komersial ini disebabkan oleh adanya proses pergantian ke model baru, yakni New Carry Pick Up. Model ini dirilis pada April dan mulai diekspor pada Juli.

“New Carry Pick Up sendiri baru dilaunching bulan April 2019 dan baru diekspor mulai bulan Juli. Jadi hal ini berpengaruh terhadap penurunan volume ekspor kendaraan komersial suzuki termasuk negara tujuan,” katanya kepada Bisnis, Jumat (1/11/2019)

Dia mengklaim bahwa berdasarkan data internal SIS, ekspor kendaraan komersial Suzuki sebenarnya tercatat mengalami pertumbuhan. Hal ini juga sejalan dengan jumlah produksi New Carry Pick Up yang meningkat pada tahun ini.

“Saat ini angka penjualan ekspor kendaraan komersial terus meningkat seiring produksi New Carry Pick Up yang meningkat pula, dan Timur Tengah juga sudah kita kirimkan mobil untuk diekspor,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
suzuki, Ekspor Mobil

Editor : Miftahul Ulum
KOMENTAR


-->
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top