Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wuling Almaz Raih Penghargaan Mobil Terbaik 2019 Versi Jurnalis Otomotif

Wuling menjadi Forwot Car of The Year (FCY) 2019 setelah bersaing dengan total 36 mobil lainnya.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 15 Oktober 2019  |  21:52 WIB
Wuling Almaz Raih Penghargaan Mobil Terbaik 2019 Versi Jurnalis Otomotif
Wuling Almaz. - Bisnis.com/Thomas Mola

Bisnis.com, JAKARTA – Wuling Almaz mendapatkan gelar mobil terbaik tahun 2019 dari Forum Wartawan Otomotif (Forwot) setelah mengalahkan DFSK Glory 560, Honda Brio, Mazda 3, dan Suzuki Jimny dalam penjurian di babak lima besar.

Wuling menjadi Forwot Car of The Year (FCY) 2019 setelah bersaing dengan total 36 mobil lainnya. Mobil-mobil tersebut adalah unit baru yang diluncurkan dan sudah dijual di Indonesia dalam periode Agustus 2018 sampai Juli 2019.

“Jumlah itu lebih banyak dibandingkan 2018 yang hanya 23 mobil baru, dan 2017 hanya 32 mobil baru. Ini menunjukkan bahwa Indonesia masih menjadi pasar potensial kendaraan roda-empat,” ujar Ketua Umum Forwot Indra Prabowo melalui siaran pers, Selasa (15/10/2019).

Dia mengatakan bahwa hadirnya dua merek asal China seperti Wuling Motors dan DFSK di pasar otomotif di Tanah Air terus menjadi perhatian. Hadirnya kedua merek tersebut tak sekadar menjajakan produk- produknya di pasar domestik, tetapi mereka juga berkontribusi terhadap ekspor.

FCY 2019 memilih Wuling Almaz sebagai pemenang, karena mobil berjenis sport utility vehicle itu meraih penilaian tertinggi, yakni 159 poin. Posisi kedua ditempati Suzuki Jimny dengan 140 poin, DFSK Glory 560 mendapatkan 92 poin, Honda Brio 89 poin, dan Mazda 3 80 poin.

“Terpilihnya Wuling Almaz sebagai Forwot Car of The Year 2019 menjadi bukti dari kuatnya komitmen merek pendatang baru dalam menghadirkan kendaraan-kendaraan yang sesuai untuk kebutuhan konsumen di Indonesia,” katanya.

Penjurian dilakukan oleh 21 jurnalis dari berbagai media yang merupakan anggota Forwot yang telah lama berkiprah. Terdapat 10 faktor utama yang menjadi penilaian di Forwot Car of the Year 2019.

Setiap juri memiliki 25 poin untuk memberi penilaian yang meliputi desain, kenyamanan, keamanan, nilai ekonomis, handling, performa, fungsional, keramahan lingkungan, pengalaman berkendara, dan harga yang tak kalah penting.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, penilain tersebut dilakukan secara online yang mengacu pada Car of The Year Commite atau www.caroftheyear.org. Proses penilaian tersebut digunakan untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa, tetapi sudah disesuaikan dengan pasar Indonesia.

Ketua Juri FCY 2019 Jeffry Yanto Sudibyo menjelaskan Wuling Almaz menjadi mobil merek China pertama yang menjadi pemenang. Wuling juga menjadi merek kedua non-Jepang yang menggondol gelar Mobil Terbaik versi Forwot.

“Sebelumnya mobil asal Korea Selatan, Kia Carens menyandang Car of the Year di 2013,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Wuling Motors
Editor : Galih Kurniawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top