Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pasar Otomotif Melambat, Market Share Astra Membesar

Kinerja merek otomotif di bawah naungan PT Astra International Tbk., sedikit melambat pada Januari-Juli 2019.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 11 September 2019  |  21:23 WIB
Deretan mobil Toyota siap dikapalkan di pelabuhan di Tanjung Priok Car Terminal. - TMMIN
Deretan mobil Toyota siap dikapalkan di pelabuhan di Tanjung Priok Car Terminal. - TMMIN

Bisnis.com, JAKARTA — Kinerja merek otomotif di bawah naungan PT Astra International Tbk., sedikit melambat pada Januari-Juli 2019.

Sepanjang periode tersebut penjualan kendaraan yang ditangani Astra melambat 7,89% dibandingkan periode yang sama 2018.

Data Gaikindo yang diolah PT Astra International Tbk., menunjukkan total penjualan kendaraan di bawah Astra sebanyak 297.846 unit, sedangkan pada periode yang sama 2018 sebanyak 323.350 unit. Adapun, merek otomotif roda empat yang berada di bawah naungan Asta ialah Toyota, Daihatsu, Isuzu dan Peugeot.

Walaupun mengalami kontraksi, tetapi lini bisnis otomotif Astra masih mampu memperbesar pangsa pasar dari 49% menjadi menjadi 52% pada Januari-Juli 2019. Hal itu disebabkan oleh pasar otomotif secara umum melambat 13,75% pada Januari-Juli.

Sebelumnya, Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, ada risiko penjualan pada tahun ini tidak mencapai 1,1 juta unit seperti yang ditargetkan Gaikindo.

Hal itu berkaca dari penjualan semester I/2019 yang baru 481.577 unit atau belum mencapai setengah dari target maka angka penjualan 1 juta unit dinilainya sudah cukup baik.

"Melihat hasil dari semeser pertama tahun ini, market akan berada maksimum di 1,1 [juta]. Mungkin kalau [kondisi ekonomi tidak cepat membaik] bisa di bawah itu," katanya kepada Bisnis baru-baru ini.

Anton mengatakan APM pada umumnya masih optimistis mengejar target penjualan. Menurutnya, peran serta semua pihak seperti pengesahan regulasi kendaraan listrik menjadi salah satu pemicu untuk kembali menaikkan gairah pasar dan semakin memperkuat produksi di ndustri otomotif Tanah Air.

Adapun, tahun ini Toyota menargetkan pangsa pasar minimal 30%. Hingga Juli 2019, penjualan Toyota tercatat sebanyak 197.272 unit, atau mampu meraih 32,37% pangsa pasar otomotif nasional. Sebanyak empat model motor penjualan Toyota berasal dari model Avanza, Rush, Kijang Innova, dan Calya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

astra
Editor : Galih Kurniawan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top