Ibu Kota Pindah, Harga Mobil di Kaltim Bakal Turun?

Sejauh ini harga jual kendaraan di Kalimantan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Jakarta.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 29 Agustus 2019  |  18:04 WIB
Ibu Kota Pindah, Harga Mobil di Kaltim Bakal Turun?
ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur menimbulkan pertanyaan, mungkinkah harga jual kendaraan akan lebih murah? Pasalnya, sejauh ini harga jual kendaraan di Kalimantan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Jakarta.

Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi mengatakan, terdapat banyak faktor yang memengaruhi harga seperti pajak hingga biaya logistik karena berbeda pulau. Selain itu, faktor kompetisi juga ikut memengaruhi harga jual.

"Basic-nya harga bukan naik turun ya, tapi kita melihat kompetisi di pasar tersebut. Kalau misal di kompetisi pasar tersebut kita harus menyesuaikan harga atau harus menurunkan harga ya kita harus menyesuaikan di pasar itu. Tapi pasti memenuhi kriteria biaya logistik," ujarnya di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Harga jual kendaraan di Kalimantan Timur umumnya lebih mahal dibandingkan DKI Jakarta. Kemahalan itu kadang membuat konsumen dari Kalimantan membeli mobil di Jakarta.

Anton menjelaskan, penjualan Toyota di Kalimantan Timur tergolong sangat baik karena ada dua kota besar yakni Samarinda dan Balikpapan. Penjualan kendaraan komersial seperti kabin ganda, katanya, cukup besar di Kalimantan Timur.

Pada 2018 total penjualan Toyota di Kalimantan Timur sebanyak 6.245 unit, sedangkan pada Januari-Juli 2019, Toyota telah memasarkan sebanyak 3.330 unit. '

"Tahun lalu rata-rata 520 unit per bulan dengan total 6.245 unit. Hingga Juli 2019 sebanyak 3.330 unit atau rata-rata sebanyak 476 unit per bulan untuk semua model Toyota," ujar Anton.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ibu Kota Dipindah

Editor : Galih Kurniawan
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top