Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Menjanjikan, Suzuki Siap Garap Segmen LSUV

Segmen low sport utility vehicle (LSUV) dianggap paling tepat untuk diisi produk baru Suzuki.
Suzuki Xl6 diproduksi di India/Maruti Suzuki
Suzuki Xl6 diproduksi di India/Maruti Suzuki

Bisnis.com, CIREBON – Kinerja Suzuki saat ini masih bertumpu pada penjualan seri Ertiga di kelas mobil penumpang. Guna menambah kekuatan di kelas tersebut, segmen low sport utility vehicle (LSUV) dianggap paling tepat untuk diisi produk baru.

Pabrik Suzuki di Cikarang akan memproduksi model baru pada Januari 2020. Isu yang beredar, Suzuki XL7 adalah model terbaru yang akan menjadi line up teranyar. Model tersebut merupakan peremajaan Suzuki XL6 untuk pasar Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra mengatakan bahwa apapun produk yang akan masuk Indonesia, pertimbangan utamanya adalah harus bisa diproduksi lokal.

"Apapun produknya, kami fokus pada penjualan yang diproduksi di sini," ujarnya di Cirebon, Selasa (27/8/2019).

Namun, dia tidak menampik bahwa Suzuki belum memiliki produk di segmen LSUV atau kelas yang dihuni XL6, low SUV yang sudah dipasarkan di India.

Donny pun menilai segmen tersebut sangat menarik untuk digarap karena termasuk dalam segmen yang paling laris di Tanah Air.

"Kalau lihat pasar LSUV itu menarik karena secara line up kami belum punya. Kemudian pasar ini juga potensial, berarti volumenya juga bagus. Menurut kami, kalau kita perkenalkan [produk baru] pasti kita produksi di sini. Rugi kalau impor," ujarnya.

Suzuki masih mengandalkan seri Ertiga sebagai tulang punggung penjualan di kelas mobil penumpang. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan model ini mencapai 12.850 unit pada semester I/2019.

Ertiga masih jauh tertinggal dari Toyota Avanza yang merajai kelas mobil serbaguna dengan perolehan 39.825 unit dan Mitsubishi Xpander 32.652 unit pada periode yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper