Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Punya Panel Surya, Hyundai Sonata Hybrid Makin Jauh Menjelajah

Beragam teknologi canggih disematkan pada All New Hyundai Sonata Hybrid 2020, salah satunya ialah tersedianya panel surya.
All New Hyundai Sonata Hybrid 2020./Carscoops
All New Hyundai Sonata Hybrid 2020./Carscoops

Bisnis.com, JAKARTA – Beragam teknologi canggih disematkan pada All New Hyundai Sonata Hybrid 2020, salah satunya ialah tersedianya panel surya.

Panel yang ditempatkan di atap itu dapat mengisi baterai ketika kendaraan sedang berjalan, sehingga menghemat pengeluaran baterai dan juga meningkatkan efisiensi bahan bakar, serta mengurangi emisi gas buang.

Menurut laporan dari CarsCoops, Selasa (6/8/2019), Sonata Hybrid 2020 mendapat banyak manfaat dari daya listrik tambahan serta jangkauan mengemudi berkat teknologi itu.

Menurut Hyundai, sistem itu dapat mengisi daya baterai mulai 30% hingga 60% per harinya. Adapun enam jam pengisian harian akan meningkatkan jarak perjalanan 1.300 km tiap tahun.

Ketika energi solar mengaktifkan permukaan panel, atap mengubahnya dengan menggunakan foton cahaya dari matahari. Hal ini menciptakan pasangan lubang elektron dalam sel silikon, yang menghasilkan listrik, kemudian dikonversi ke tegangan standar oleh pengontrol, dan kemudian disimpan dalam baterai.

"Teknologi atap surya adalah contoh yang baik tentang bagaimana Hyundai Motor bergerak menjadi penyedia mobilitas yang ramah lingkungan. Teknologi ini memungkinkan pelanggan kami untuk secara aktif mengatasi masalah emisi," kata Senior Vice President and Head of Body Tech Unit of Hyundai, Heui Won Yang.

Sonata Hybrid 2020 ditenagai oleh Smartstream G2.0 GDi HEV empat yang dikawinkan dengan transmisi hibrida enam kecepatan dengan teknologi Active Shift Control.

Mesin konvensional dapat menghasilkan torsi 150 hp dan 188 Nm, dan dengan motor listrik menambah 51 hp dan 205 Nm.

Menyusul peluncuran di Korea Selatan, All New Hyundai Sonata Hybrid 2020 akan melakukan debutnya di Amerika Utara. Hyundai mengatakan saat ini tidak memiliki rencana untuk membawa Sonata Hybrid ke Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Galih Kurniawan
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper