Rincian Biaya dan Perawatan untuk Bikin Mobil Makin Kinclong

Banyak cara yang sebetulnya dapat dilakukan untuk membersihkan dan membuat cat mobil kembali kinclong, mulai dari mengerjakan sendiri di rumah dengan menggunakan produk dan bahan-bahan sederhana hingga mengunjungi fasilitas bengkel dan salon mobil.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 04 Juni 2019  |  06:52 WIB
Rincian Biaya dan Perawatan untuk Bikin Mobil Makin Kinclong
Pekerja Autoglaze menunjukkan cara kerja pencucian menggunakan Undercarriage Wash di gerai Autoglaze, SPBU Pertamina, Fatmawati, Jakarta Selatan. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Mudik telah menjadi tradisi yang sejak lama dijalankan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain menggunakan transportasi umum, tidak sedikit yang memilih menggunakan mobil pribadi saat melakukan perjalanan Mudik Lebaran bersama keluarga.

Sebelum melakukan perjalanan jauh, banyak hal yang harus dipersiapkan termasuk memoles eksterior kendaraan yang sudah mulai kusam agar terlihat lebih bersih dan kinclong saat dibawa mudik ke kampung halaman.

Banyak cara yang sebetulnya dapat dilakukan untuk membersihkan dan membuat cat mobil kembali kinclong, mulai dari mengerjakan sendiri di rumah dengan menggunakan produk dan bahan-bahan sederhana hingga mengunjungi fasilitas bengkel dan salon mobil.

Namun, membersihkan sendiri kendaraan di rumah juga harus berhati-sebab jika proses pengerjaannya salah dapat membuat bagian body menjadi baret, alih-alih kinclong.

Robby Kurnia, CEO Autoglaze Indonesia mengatakan langkah paling benar dalam membersihkan mobil adalah jangan mengelap kotoran yang menempel begitu saja, tetapi harus membersihkan kotoran di bagian bodi terlebih dahulu dengan semprotan air dan sabun atau shampoo khusus.

“Lakukan hal tersebut sampai menyeluruh ke bagian luar mobil dan setelah itubisa mengelap sambil menyemprotkan air kembali ke permukaan bodi mobil. Tahap terakhir, lap seluruh bagian luar mobil menggunakan lap microfiber karena lebih halus dan tidak membuat bodi mobil menjadi baret kecil,” jelasnya.

Stephen Setyadi, Marketing Manager Autoglaze Indonesia mengatakan saat ini pihaknya telah mengembangkan konsep touchless atau minim sentuhan tangan untuk Autoglaze Carwash yang diklaim sebagai yang pertama di Indonesia.

Proses pencucian ini menggunakan bahan-bahan premium dan teknologi cuci mobil yang cepat dan canggih tanpa meninggalkan kotoran serta baret sehingga lebih aman pada permukaan cat mobil.

Prosesnya pun hanya memakan waktu sekitar 20 menit hingga 25 menit. Mobil masuk langsung dishampo kemudian disemprot air untuk proses pembilasan dan dilap menggunakan microfiber.

Saat ini, Autoglaze Carwash sudah tersebar di 3 SPBU Pertamin yang berlokasi di SPBU MT Haryono, Fatmawati, dan Kalimalang. Ke depan paket layanan ini akan tersedia di 100 lokasi SPBU yang dikelola pemerintah.

Sementara itu, jika ingin membuat mobil lebih kinclong dan bebas jamur, pemilik kendaraan bisa memilih perawatan salon mobil Autoglaze Express yang saat ini tersebar di sejumlah mal. Adapun harga yang ditawarkan mulai dari Rp120ribu untuk member dan Rp500 ribu untuk nonmember.

“Untuk menjadi member bisa membayar Rp1,5 juta untuk setahun. Ini bisa dipakai di semua cabang yang ada, baik di mal maupun SPBU. Kalau untuk carwash di SPBU yang member hanya membayar Rp40ribu sedangkan non-member Rp50ribu,” tuturnya.

Layanan yang bisa didapatkan pada Auto Express ini berupa Car Grooming yang membersihkan kotoran yang ada di permukaan cat mobil mulai dari jamur yang membuat mobil tampak kusam, noda aspal dan permukaan cat mobil, hingga memudarkan baret halus.

“Dalam layanan ini juga ada paint protection untuk melindungi cat agar tetap terjaga kecemerlangan warna dan kilaunya. Tidak hanya secara eksterior, proses pembersihan juga dilakukan pada interior mobil menggunakan vacuum cleaner,” terangnya.

Bagi yang ingin memberikan perlindungan eksterior mobil secara lebih mendalam sekaligus membersihkan cat mobil dari kontaminan, serta menghilangkan baret dan jamur, Autoglaze menyediakan layanan Autoglaze Detailing dengan harga paket mulai dari Rp2 juta hingga Rp5 juta

“Biasanya mobil kusam karena jamur. Nah jamur ini yang dihilangkan terlebih dahulu, setelah mengkilap diberi tambahan coating mobil yang membuat air tidak menempel di mobil sehingga bisa tahan dari jamur,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
otomotif, mobil, Cuci Mobil

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top