Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Andalkan Giga, Isuzu Incar 15% Pangsa Pasar Truk

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) optimistis dapat meraih pangsa pasar truk hingga 15% pada tahun ini.
Isuzu Giga Tractor Head memiliki empat varian. /BISNIS.COM-Tom
Isuzu Giga Tractor Head memiliki empat varian. /BISNIS.COM-Tom

Bisnis.com, JAKARTA – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) optimistis dapat meraih pangsa pasar truk hingga 15% pada tahun ini. Pasalnya Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia memprediksi kendaraan komersial yang terus tumbuh seiring pertumbuhan infrastruktur dan membaiknya harga komoditas.

Wakil Presiden Direktur IAMI Keiji Takeda mengatakan bahwa di berbagai negara, seperti Jepang, Filipina, Thailand, dan Australia, Isuzu menempati urutan teratas dalam penjualan kendaraan. Menurutnya, hal yang sama bisa terjadi di Indonesia mengingat pangsa pasar yang terus membesar.

“Kenapa di Indonesia tidak? Padahal, dari segi produk dan semuanya sudah oke. Namun, saya yakin bisa [memimpin pasar]. Jangka waktunya berbeda-beda tergantung pada tipenya,” ujarnya saat ditemui di sela-sela ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2019 baru-baru ini.

Dia menilai truk Giga dapat menjadi pilihan utama konsumen karena tangguh dan hemat bahan bakar karena bisa menggunakan bahan bakar disel jenis apa saja. Truk ini juga unggul dalam penggunaan mesin common rail untuk memenuhi standar emisi gas buang Euro 4 yang akan diwajibkan pemerintah mulai 2021.

“Giga sudah menggunakan mesin itu sejak 2010,” ujarnya.

Saat ini pangsa pasar truk Isuzu secara nasional sebesar 13 %. Keiji optimistis, hingga akhir tahun, akan meningkat hingga 15 %. Untuk mencapainya, Isuzu mengandalkan produk Giga dengan delapan varian untuk kendaraan dengan total berat (Gross Vehicle Weight/GVW) 10-24 ton.

Tahun lalu, penjualan model ini (GVW 10-24 ton) mencapai sebanyak 1.563 unit. Adapun empat varian Giga untuk kendaraan GVW di atas 24 ton, berhasil terjual hingga 1.563 unit.

Sekjen Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara meyakini penjualan kendaraan komersial akan tumbuh di tahun ini, sama seperti tahun lalu yang naik sekitar 28% dari periode sebelumnya.

“Ada sinyal kuat akan tumbuh di tahun 2019, terutama penjualan di segmen kendaraan niaga atau komersial walau belum diimbangi segmen kendaraan penumpang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper