MPV Premium: Ini Fitur Unggulan All New Serena

All New Serena sebenarnya telah lebih dulu dirilis di Jepang pada 2016. Namun Indonesia baru merilis pada awal tahun ini. Beberapa fitur menjadi unggulan untuk ditawarkan kepada konsumen. Desain khas dan keluasan ruang kabin menjadi poin lebih kendaraan ini.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 01 Maret 2019  |  18:57 WIB
MPV Premium: Ini Fitur Unggulan All New Serena
Mobil All New Nissan Serena saat peluncurannya di Jakarta, Selasa (19/2/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- Nissan Motor Indonesia mulai menyasar kendaraan multi purpose vehicle (MPV) kelas premium dengan meluncurkan All New Serena. Kendaraan keluarga ini akan berebut pangsa pasar dengan sejumlah pemain lama di Tanah Air.

All New Serena sebenarnya telah lebih dulu dirilis di Jepang pada 2016. Namun Indonesia baru merilis pada awal tahun ini. Beberapa fitur menjadi unggulan untuk ditawarkan kepada konsumen. Desain khas dan keluasan ruang kabin menjadi poin lebih kendaraan ini.

Seperti sejumlah mobil yang dirilis sepanjang 2019, All New Serena juga menempatkan fitur pintar untuk kemudahan pengguna. Latar multimedia serta kontrol jarak kendaraan dengan kendaraan lain di sekitarnya turut disematkan.

Eksterior Serena masih masih tetap menampilkan ciri khasnya. Generasi kelima Serena –mulai masuk pasar Indonesia pada 1991—tetap fokus pada desain berbentuk V di bagian depan dengan tiga pasang lampu. Keberadaan lampu depan ini memaksimalkan pandangan pengendara dan penumpang.

Pada bagian samping sengaja dibentuk agak meliuk. Jika diperhatikan, Serena berusaha memberikan garis agak bergelombang menyesuaikan dengan aerodinamis udara. Sementara itu pada bagian belakang, All New Serena memberikan dua pintu belakang atau dual backdoor. Kendaraan ini dapat dibuka sebagian ataupun sepenuhnya. Desain ini memberikan pilihan pembuka pintu kepada pengguna sesuai kebutuhan.

Sementara itu, pada bagian interior, Serena berusaha memberikan kenyamanan maksimal bagi pengguna. Untuk tempat duduk, mereka memberikan setidaknya ruang untuk 7 kursi termasuk pengemudi. Pada baris kedua, All New Serena hanya menyediakan dua kursi terpisah. Namun begitu, dua kursi ini bisa dirapatkan untuk memberi ruang duduk baru di sisi tengah.

Dua kursi di belakang supir ini didukung dengan meja sederhana untuk menempatkan benda termasuk makanan atau minuman. Benda ini ditempatkan di balik kursi supir maupun penumpang pada bagian depan dan dapat dibuka saat diperlukan dengan kunci sederhana.

Interior kabin juga disemarakan dengan tujuh USB ports serbaguna di sisi kiri dan kanan kendaraan. Ruang USB ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk melakukan pengisian daya pada gawai. Benda yang menggunakan fitur itu turut diberi alas atau ruang penampung termasuk pada kursi baris ketiga.

FITUR INTELIJEN

Nissan menggembar-gemborkan keunggulan All New Serena terletak pada fitur intelijennya seperti Intelligent Around View Monitor (I-AVM). Pengendara dijanjikan akan mendapatkan gambaran jelas 360 derajat di sekitar mobil.

Dibekali kamera di empat sisinya, memudahkan pengguna untuk parkir dan melihat kondisi di sekeliling mobil secara menyeluruh. Adapun keberadaan moving object detector (MOD) turut berfungsi untuk memberitahu saat terdapat sesuatu yang bergerak di belakang mobil.

I-AVM dan MOD dapat dilihat pada bagian dasbor depan tepat di hadapan supir. Layar digital di dasbor menjadi ruang kontrol utama bagi pengendara. Kemudahan ini membuat pengemudi mudah menyesuaikan mobil tergantung kondisi yang ada, termasuk saat parkir di ruang sempit.

Fitur multimedia layar sentuh juga diberikan pada sisi tengah dasbor depan. Layar berukuran 7 inci ini dapat tersambung pula dengan ponsel pintar, termasuk untuk fasilitas Bluetooth, USB dan MP3.

Serena juga memberikan monitor multimedia berukuran 11 inci. Monitor ini tepat berada di langit-langit mobil di baris kedua. Monitor ini dapat dibuka ketika dibutuhkan ataupun ditutup. Hal ini menghindarkan pengguna merusak monitor saat bergerak atau bangun dari kursi duduk.

Setidaknya satu lagi keunggulan mobil ini, yaitu keberadaan touchless sliding door. Pintu baris kedua dilengkapi dengan sensor kaki untuk membantu pengguna membuka pintu hanya dengan ayunan kaki. Fitur ini memudahkan saat kedua tangan tengah memegang benda atau kesulitan memegang tuas pintu.

Adapun untuk dapur pacu, Serena termasuk bersaing di kelasnya. Dengan transmisi otomatis CVT dengan, All New Nissan Serena mampu menghasilkan tenaga 1.997 cc dengan tenaga maksimal mencapai 150 PS.

Dari bentuk dan harga, All New Serena dapat diadu dengan Toyota Voxy. Keduanya merupakan pemain di kelas premium MPV. Dengan harga di kisaran Rp400 juta lebih, Voxy lebih tinggi sekitar Rp2 juta dibandingkan dengan All New Serena.

Jika Serena unggul pada touchless sliding door yang tidak dimiliki Toyota Voxy, maka setidaknya Voxy memberikan fitur moonroof atau atap kaca di bagian langit-langit yang tidak dimiliki Serena. Padahal harga kedua kendaraan ini cukup kompetitif di kelas premium.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
nissan

Editor : M. Taufikul Basari
KOMENTAR


-->
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top