Indonesia Millenial’S Top Brand Award 2019: LCGC Jadi Favorit Milenial

Bukan mobil mewah atau sporty, tetapi mobil ramah lingkungan atau LCGC yang menjadi favorit generasi milenial. Hasil survei Indonesia Millenial’S Top Brand Award 2019 menunjukkan tiga pilihan mobil yang diinginkan mereka adalah Toyota Avanza, Calya, dan Agya.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 28 Januari 2019  |  21:30 WIB
Indonesia Millenial’S Top Brand Award 2019: LCGC Jadi Favorit Milenial
Model berfoto pada peluncuran Toyota New Agya, di Jakarta, Jumat (7/4). - Antara/Audy Alwi

Bisnis.com, JAKARTA – Bukan mobil mewah atau sportif, tetapi mobil ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) yang menjadi favorit generasi milenial. Hasil survei Indonesia Millenial’S Top Brand Award 2019 menunjukkan tiga pilihan mobil yang diinginkan mereka adalah Toyota Avanza, Calya, dan Agya.

Jatuhnya pilihan milenial pada Toyota Avanza tentu tidak mengherankan. Hasil ini senada dengan predikat Avanza sebagai mobil terlaris sepanjang 2018 dengan total penjualan 1,15 juta unit. Namun, yang mengagetkan adalah munculnya nama Calya dan Agya yang termasuk dalam segmen LCGC.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa mobil murah keluaran PT Toyota Astra Motor (TAM) ini menduduki posisi ke-3 sebagai mobil terlaris 2018 dengan penjualan 63,970 unit. Sedangkan saudaranya, Agya bahkan tidak masuk deretan 10 besar mobil terlaris sepanjang tahun lalu kendati menorehkan rapor penjualan yang tidak buruk yakni 29.106 unit.

Seperti dikutip dari laman resmi Gaikindo (28/1/2019), Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto menilai jatuhnya pilihan milenial pada kendaraan segmen LCGC adalah bentuk apresiasi terhadap Toyota yang merespon kebijakan pemerintah tentang pengembangan kendaraan dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan.

“Hadirnya Avanza yang baru seminggu kemarin kami luncurkan dapat menjadi produk yang mampu mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional selama 15 tahun sejak kehadirannya di Indonesia,” ujarnya.

Hasil ini juga membuktikan bahwa pasar LCGC masih memiliki asa untuk berkembang kendati tengah landai atau mengalami sedikit penurunan penjualan yakni 1,75% atau turun 4.110 unit menjadi 230.444 unit bila dibandingkan dengan 2017. Indonesia Millenial’s Top Brand Award 2019 sendiri merupakan ajang penghargaan terhadap merek yang berhasil menjadi pilihan millenial Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mobil LCGC, Kaum Milenial

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan
Top