Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Millenial’S Top Brand Award 2019: LCGC Jadi Favorit Milenial

Bukan mobil mewah atau sporty, tetapi mobil ramah lingkungan atau LCGC yang menjadi favorit generasi milenial. Hasil survei Indonesia Millenial’S Top Brand Award 2019 menunjukkan tiga pilihan mobil yang diinginkan mereka adalah Toyota Avanza, Calya, dan Agya.
Model berfoto pada peluncuran Toyota New Agya, di Jakarta, Jumat (7/4)./Antara-Audy Alwi
Model berfoto pada peluncuran Toyota New Agya, di Jakarta, Jumat (7/4)./Antara-Audy Alwi

Bisnis.com, JAKARTA – Bukan mobil mewah atau sportif, tetapi mobil ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) yang menjadi favorit generasi milenial. Hasil survei Indonesia Millenial’S Top Brand Award 2019 menunjukkan tiga pilihan mobil yang diinginkan mereka adalah Toyota Avanza, Calya, dan Agya.

Jatuhnya pilihan milenial pada Toyota Avanza tentu tidak mengherankan. Hasil ini senada dengan predikat Avanza sebagai mobil terlaris sepanjang 2018 dengan total penjualan 1,15 juta unit. Namun, yang mengagetkan adalah munculnya nama Calya dan Agya yang termasuk dalam segmen LCGC.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa mobil murah keluaran PT Toyota Astra Motor (TAM) ini menduduki posisi ke-3 sebagai mobil terlaris 2018 dengan penjualan 63,970 unit. Sedangkan saudaranya, Agya bahkan tidak masuk deretan 10 besar mobil terlaris sepanjang tahun lalu kendati menorehkan rapor penjualan yang tidak buruk yakni 29.106 unit.

Seperti dikutip dari laman resmi Gaikindo (28/1/2019), Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto menilai jatuhnya pilihan milenial pada kendaraan segmen LCGC adalah bentuk apresiasi terhadap Toyota yang merespon kebijakan pemerintah tentang pengembangan kendaraan dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan.

“Hadirnya Avanza yang baru seminggu kemarin kami luncurkan dapat menjadi produk yang mampu mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional selama 15 tahun sejak kehadirannya di Indonesia,” ujarnya.

Hasil ini juga membuktikan bahwa pasar LCGC masih memiliki asa untuk berkembang kendati tengah landai atau mengalami sedikit penurunan penjualan yakni 1,75% atau turun 4.110 unit menjadi 230.444 unit bila dibandingkan dengan 2017. Indonesia Millenial’s Top Brand Award 2019 sendiri merupakan ajang penghargaan terhadap merek yang berhasil menjadi pilihan millenial Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper