Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volkswagen dan Ford Akan Bentuk Aliansi Pengembangan Mobil Listrik

Mereka akan menggabungkan kekuatan pada kendaraan komersial dan kemungkinan akan berkembang menjadi pengembangan bersama teknologi listrik dan self-driving.
CEO Volkswagen Herbert Diess dan ketua lobi Thomas Steg. /REUTERS
CEO Volkswagen Herbert Diess dan ketua lobi Thomas Steg. /REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Volkswagen AG dan Ford Motor akan mengumumkan afiliasi mereka menjadi aliansi pada Selasa (15/1/2019) waktu setempat. Mereka akan menggabungkan kekuatan pada kendaraan komersial dan kemungkinan akan berkembang menjadi pengembangan bersama teknologi listrik dan self-driving.

Seperti dikutip dari Reuters (15/1/2019), Chief Executive VW Herbert Diess mengatakan bahwa Ford dan Volkswagen (VW) akan mengumumkan kemitraan mereka dengan latar belakang pameran mobil Detroit. Dia juga memastikan aliansi ini tidak akan melibatkan merger saham.

Kedua produsen mobil tersebut telah menjajaki kerja sama yang lebih erat ketika friksi perdagangan memaksa para produsen mobil memikirkan kembali kebijakan produksi kendaraan untuk Eropa, Amerika Serikat, dan China.

Aliansi berfokus menyoroti tekanan bagi para produsen mobil global untuk mengelola biaya pengembangan kendaraan listrik dan self-driving, serta teknologi yang dibutuhkan untuk memenuhi standar emisi untuk tahun-tahun mendatang.

Perlambatan di pasar mobil terbesar di dunia - China dan Amerika Serikat - telah meningkatkan tekanan untuk memangkas biaya.

Lingkup aliansi VW-Ford masih akan diputuskan menjelang pameran mobil. Namun sampai saat ini pembicaraan masih mencakup kerja sama di bidang mobil listrik dan otonom.

Kerangka kerja aliansi ini diharapkan mencakup pengumpulan sumber daya dalam teknologi otonom dan investasi VW dalam bisnis Ford, termasuk pada lisensi platform mobil lisrik Ford yakni MEB Volkswagen.

Diess juga mengkonfirmasi bahwa aliansi tersebut akan mencakup keputusan VW untuk mendapatkan akses ke platform truk pikap Ranger berukuran sedang milik Ford.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper