Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Volkswagen dan Ford Akan Bentuk Aliansi Pengembangan Mobil Listrik

Mereka akan menggabungkan kekuatan pada kendaraan komersial dan kemungkinan akan berkembang menjadi pengembangan bersama teknologi listrik dan self-driving.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 15 Januari 2019  |  22:10 WIB
Volkswagen dan Ford Akan Bentuk Aliansi Pengembangan Mobil Listrik
CEO Volkswagen Herbert Diess dan ketua lobi Thomas Steg. - REUTERS
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Volkswagen AG dan Ford Motor akan mengumumkan afiliasi mereka menjadi aliansi pada Selasa (15/1/2019) waktu setempat. Mereka akan menggabungkan kekuatan pada kendaraan komersial dan kemungkinan akan berkembang menjadi pengembangan bersama teknologi listrik dan self-driving.

Seperti dikutip dari Reuters (15/1/2019), Chief Executive VW Herbert Diess mengatakan bahwa Ford dan Volkswagen (VW) akan mengumumkan kemitraan mereka dengan latar belakang pameran mobil Detroit. Dia juga memastikan aliansi ini tidak akan melibatkan merger saham.

Kedua produsen mobil tersebut telah menjajaki kerja sama yang lebih erat ketika friksi perdagangan memaksa para produsen mobil memikirkan kembali kebijakan produksi kendaraan untuk Eropa, Amerika Serikat, dan China.

Aliansi berfokus menyoroti tekanan bagi para produsen mobil global untuk mengelola biaya pengembangan kendaraan listrik dan self-driving, serta teknologi yang dibutuhkan untuk memenuhi standar emisi untuk tahun-tahun mendatang.

Perlambatan di pasar mobil terbesar di dunia - China dan Amerika Serikat - telah meningkatkan tekanan untuk memangkas biaya.

Lingkup aliansi VW-Ford masih akan diputuskan menjelang pameran mobil. Namun sampai saat ini pembicaraan masih mencakup kerja sama di bidang mobil listrik dan otonom.

Kerangka kerja aliansi ini diharapkan mencakup pengumpulan sumber daya dalam teknologi otonom dan investasi VW dalam bisnis Ford, termasuk pada lisensi platform mobil lisrik Ford yakni MEB Volkswagen.

Diess juga mengkonfirmasi bahwa aliansi tersebut akan mencakup keputusan VW untuk mendapatkan akses ke platform truk pikap Ranger berukuran sedang milik Ford.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Volkswagen AG
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top