Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mini Rakitan Dalam Negeri Bikin Konsumen Hemat Rp90 Juta

BMW Group Indonesia mengklaim perakitan kendaraan di dalam negeri membuat harga Mini lebih terjangkau dan meningkatkan penggunaan komponen lokal. Dua tipe Mini yang dirakit di Indonesia dan siap dipasarkan ialah New Mini Cooper Countryman dan New Mini Cooper S Countryman.
Mini Cooper. /MINI
Mini Cooper. /MINI

Bisnis.com, TANGERANG--BMW Group Indonesia mengklaim perakitan kendaraan di dalam negeri membuat harga Mini lebih terjangkau dan meningkatkan penggunaan komponen lokal. Dua tipe Mini yang dirakit di Indonesia dan siap dipasarkan ialah New Mini Cooper Countryman dan New Mini Cooper S Countryman.

Head of Corporate Communication BMW Group Indonesia Jodie O'tania mengatakan, Mini pertama kali hadir di Indonesia pada 2011. Mini mendapat sambutan yang baik yang terbukti dari peningkatan jumlah komunitas Mini dan tren penjualan yang juga naik sejak 2011 hingga 2017.

"Setelah kami bicarakan dengan pihak Jerman dan kami lihat kesiapan PT Gaya Motor akhirnya kita memiliki kemampuan untuk merakit secara lokal karena ada perhitungan skala ekonomi, transfer teknologi dan proses komprehensif untuk pelatihan," ujarnya di Tangerang, Jumat (3/8/2018).

Jodie menuturkan, kedua kendaraan yang dirakit di dalam negeri ini dapat mulai di pesan pada GIIAS 2018 dan mulai tersedia di pasar pada September. Perakitan lokal klaimnya, membuat harga Mini menjadi lebih terjangkau dan memberikan banyak pilihan kepada pencinta Mini.

Dia menjelaskan, terdapat penghematan dari sisi konsumen sebesar Rp70 juta untuk New Mini Cooper Countryman. Pasalnya, harga off the road (OFR) New Mini Cooper Countryman sebesar Rp599 juta, sementara jika didatangkan menggunakan skema completely build up (CBU) alias impor utuh senilai Rp660 juta.

Hal serupa berlaku untuk New Mini Cooper S Countryman di man harga OFR sebesar Rp769 juta, sementara jika CBU sebesar Rp865 juta, atau terjadi penghematan Rp96 juta. Selain itu, perakitan dalam negeri juga meningkatkan penggunaan material lokal khususnya untuk kursi, kabel, dan bahan plastik yang digunakan pada kendaraan.

"Mungkin sebagai pembanding dari Mini yang paling mahal menjadi Mini yang paling terjangkau," tambahnya.

Jodie menuturkan, untuk bisa merakit Mini di Indonesia, BMW Group telah melakukan investasi bersamaan dengan perakitan All New BMW X3 yakni sebesar Rp20 miliar. Investasi itu dilakukan untuk memodernisasi perakitan dan perlengkapan lainnya.

Dia mengklaim, kendaraan BMW Group yang dirakit di Indonesia atau negara lainnya memiliki kualitas yang sama karena standar dan tranfer teknologi yang sama. Pilihan memproduksi Mini Countryman di dalam negeri karena merupakan kendaraan yang paling sesuai dengan kondisi Indonesia.

"Karena ini kendaraan dengan horse power paling tinggi dan kapasitas paling luas yang mana kami lihat respon pelanggan positif. Beberapa fitur juga kami naikan," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper