Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mercy Vario, Bus Antik dan Langka Milik DAMRI

Perum Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI) ternyata masih menyimpan satu unit bus Mercedes-Benz Vario 1996 yang unitnya terbilang langka di Indonesia.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 22 Maret 2018  |  23:10 WIB
Bus Mercedes-Benz Vario.  - Antara
Bus Mercedes-Benz Vario. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Perum Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI) ternyata masih menyimpan satu unit bus Mercedes-Benz Vario 1996 yang unitnya terbilang langka di Indonesia.

Mercedes-Benz Vario merupakan bus yang diproduksi periode 1996 sampai 2013 dengan dua pilihan mesin diesel yakni lima silinder dengan kode OM 602 DE LA dan empat silinder dengan kode mesin OM 904 LA.

Sebelumnya, DAMRI memiliki dua unit Mercy Vario yang dipergunakan untuk transportasi lintas Kalimantan. Namun satu unit bus itu rusak, sehingga komponen-komponennya digunakan untuk bus yang pertama sehingga saat ini tersisa satu unit bus yang beroperasi baik.

Seorang teknisi senior DAMRI mengatakan saat itu hanya ada tiga unit Mercedes-Benz Vario di Indonesia, dua milik DAMRI dan satu milik TNI Angkatan Darat.

"Dahulu, cerita dari Mercy, katanya cuma ada tiga di Indonesia. Satu di Angkatan Darat, dua di DAMRI," kata seorang teknisi senior Perum DAMRI Asep Sutandi pada pameran bus klasik di JIExpo Kemayoran Jakarta, Kamis (22/3/2018).

Asep menjelaskan bahwa bus tersebut masih laik jalan dan bisa digunakan untuk kebutuhan tertentu. "Masih dipakai karena masih laik," katanya. "Sekarang masih jalan. Dahulu dipakai untuk tambang karena keempat rodanya bisa gerak, 4Wheel drive, jadi mampu mengatasi medan."

Di Mercedes-Benz Vario yang diproduksi di Jerman ini merupakan model pembaruan dari Mercedes-Benz T2 yang mengaspal sejak 1967 hingga 1996.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bus Antikorupsi Bus Damri Bus Klasik Bus Jadul

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top