Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Demi 25 Mobil Listrik, BMW Alokasikan Dana R&D Terbesar Sepanjang Masa

Grup BMW akan meningkatkan pendanaan untuk penelitian dan pengembangan (R&D) ke level tertinggi sepanjang masa yang mencapai 7 miliar euro (hampir setara Rp118,34 triliun) pada tahun ini.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 21 Maret 2018  |  23:55 WIB
CEO BMW Krueger dan anggota direksi Robertson dan Schwarzenbauer berpose di samping BMW i Vision Dynamics di ajang Frankfurt Motor Show (IAA) 2017, Senin (12/9).  - REUTERS
CEO BMW Krueger dan anggota direksi Robertson dan Schwarzenbauer berpose di samping BMW i Vision Dynamics di ajang Frankfurt Motor Show (IAA) 2017, Senin (12/9). - REUTERS

Bisnis.com, MUENCHEN - Grup BMW akan meningkatkan pendanaan untuk penelitian dan pengembangan (R&D) ke level tertinggi sepanjang masa yang mencapai 7 miliar euro (hampir setara Rp118,34 triliun) pada tahun ini.

Langkah itu dilakukan BMW guna memuluskan peluncuran 25 model kendaraan listrik ke pasar dunia pada 2025.

Pengeluaran R&D mobil listrik dan kendaraan otonom (swakemudi) itu menelan dana 1 miliar euro lebih tinggi ketimbang tahun lalu yang mencapai 6,1 miliar euro.

Grup otomotif berbasis di Muenchen yang menaungi BMW, Rolls-Royce, dan Mini itu mengatakan kendati mengucurkan dana lebih besar, namun mereka bisa mendapatkan laba sebelum pajak lebih dari 10 miliar euro pada 2018, atau setidaknya sama seperti tahun lalu.

Dalam laporan tahunannya, BMW juga memperingatkan potensi hambatan perdagangan, bea masuk anti-dumping di Amerika Serikat dan efek jangka panjang merugikan dari Brexit.

"Investasi meningkat dengan angka tiga digit dari juta euro lebih tinggi dari tahun ke tahun, terutama dari model baru yang sedang berjalan serta terus dikerjakan untuk mobilitas dan otonom," kata BMW dalam sebuah pernyataan, Rabu, dilansir Reuters.

Rasio R&D BMW pada 2018 diperkirakan berada di antara 6,5% dan 7% dari penjualan. Dalam dua tahun ke depan, rasio R&D diperkirakan akan tetap berada di atas target pada umumnya di kisaran 5% menjadi 5,5%, kata BMW.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik BMW Group Indonesia BMW i8 Roadster

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top