Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NISSAN FUTURE: Permintaan Tinggi, Ini Hambatan dan Solusi Adopsi Mobil Listrik

Studi Nissan berjudul Masa Depan Mobil Listrik di Asia Tenggara menemukan bahwa sementara permintaan potensial terhadap kendaraan listrik cukup signifikan, namun ada sederet hambatan adopsi, termasuk kurangnya pengetahuan.
Wartawan Indonesia hadir di Nissan Future, Singapura. /Nissan
Wartawan Indonesia hadir di Nissan Future, Singapura. /Nissan

Bisnis.com, SINGAPURA – Studi Nissan berjudul "Masa Depan Mobil Listrik di Asia Tenggara" menemukan bahwa sementara permintaan potensial terhadap kendaraan listrik cukup signifikan, namun ada sederet hambatan adopsi, termasuk kurangnya pengetahuan.

Studi Nissan yang dilakukan Frost & Sullivan tersebut dirilis di Selasa (6/1/2018) di Nissan Futures, yakni sebuah pertemuan para pemimpin industri, pejabat pemerintah, dan media yang digelar di Singapura.

Studi Nissan digelar pada Januari 2018 di enam negara, yakni Singapura, Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam dan Filipina. Temuan ini didasarkan pada 1.800 tanggapan pelanggan secara daring dan diskusi tatap muka.

Berdasarkan studi tersebut, rentang kecemasan – berupa ketakutan kehabisan tenaga pada kendaraan – adalah penghalang utama. Pelanggan juga tidak yakin tentang standar keselamatan kendaraan listrik.

"Leapfrogging dalam elektrifikasi mobilitas membutuhkan kolaborasi yang kuat antara pihak publik dan swasta dengan pendekatan jangka panjang yang disesuaikan dengan situasi unik setiap pasar," kata Yutaka Sanada, Wakil Presiden Senior Regional Nissan, di Nissan Futures.

Menurutnya, konsumen di Asia Tenggara telah mengindikasikan bahwa pemerintah memiliki peran penting dalam mempromosikan kendaraan listrik.

“Sementara itu, sebagai produsen mobil, kita perlu melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam menjelaskan bahwa mobil listrik memang merupakan pilihan yang aman, cerdas dan berkelanjutan dalam segala kondisi cuaca," Sanada menambahkan.

Dia menyatakan bahwa kendaraan listrik Nissan menjalani pengujian yang sangat ketat dalam kondisi paling parah. Kami sangat bangga bahwa 300.000 penumpang Nissan Leaf kami telah menjelajah lebih dari 3,9 miliar kilometer di seluruh dunia sejak 2010, tanpa mengalami insiden kritis dengan baterai."

Vivek Vaidya, Wakil Presiden Mobilitas Senior di Frost & Sullivan, menambahkan, "Tingkat serapan saat ini dari kendaraan listrik bukanlah cerminan sebenarnya dari permintaan mendasar, yang jauh lebih kuat.“

Bertentangan dengan kepercayaan populer bahwa tingginya biaya EVs adalah halangannya, survei tersebut mengungkapkan bahwa masalah keamanan dan kekhawatiran pengisian daya tinggi terjadi di benak pelanggan. “Jika industri dan pemerintah dapat menghapus hambatan ini, potensi penuh EVS dapat dicapai."

Vivek mengatakan, ada perkembangan sosial, ekonomi dan lingkungan yang signifikan untuk Asia Tenggara jika dukungan publik dapat sesuai dengan kepentingan pribadi dalam ketenagalistrikan. Kerjasama publik-swasta yang kuat sangat penting untuk menciptakan masa depan yang bersih dan ramah lingkungan.

NISSAN FUTURE: Permintaan Tinggi, Ini Hambatan dan Solusi Adopsi Mobil Listrik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper