PASAR MOBIL 2017: Penjualan MPV Melaju, Toyota Innova Makin Dominan

Pasar kendaraan serbaguna sepanjang tahun ini hingga November meningkat. Dominasi Toyota sebagai penguasa pasar tetap tak tergoyahkan.
Fatkhul Maskur | 31 Desember 2017 20:25 WIB
Toyota Kijang Innova 2016. - Youtube.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar kendaraan serbaguna sepanjang tahun ini hingga November meningkat. Dominasi Toyota sebagai penguasa pasar tetap tak tergoyahkan.

Pasar kendaraan serbaguna (multipurpose vehicle/MPV) diisi oleh Toyota Innova, Toyota Sienta, Nissan Grand Livina, Isuzu Panther, Honda Freed, dan Proton Exora.

Sepanjang 11 bulan pertama tahun ini, total penjualan kendaraan serbagunan tercatat  78.369 unit, bertumbuh 3% dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 76.124 unit.

Toyota Innova tercatat sebanyak 56.397 unit atau meningkat 6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 53.277 unit.

Peningkatan angka penjualan ini sekaligus memperkokoh dominasi Toyota Innova di segmen pasar MPV. Pada periode tahun lalu, Innova menguasai 70% pasar, pada periode tahun ini meningkat menjadi 72%.

Tak seperti saudaranya, Toyota Sienta hanya meraup angka penjualan 14.899 unit, atau menurun 5,8% dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu 15.822 unit.

Penurunan angka penjualan ini membuat penguasaan pasar Toyota Sienta menyempit menjadi hanya 19%. Tahun lalu, model ini berhasil menguasai 21% pasar MPV.

Akan tetapi, secara keseluruhan kedua model MPV merek Toyota tersebut berhasil mempertahankan dominasi pasar MPV di angka 91%.

Sementara itu, Nissan Grand Livina berhasil meningkatkan penjualan signifikan 15% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 5.083 unit menjadi 5.861 unit. Namun demikian, penguasaan pasar model Nissan ini masih tetap di kisaran 7%.

Nasib kurang beruntung dialami oleh Isuzu Panther yang menderita penurunan penjualan 3,9% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 1.178 unit menjadi hanya 1.132 unit.

Penurunan kinerja ini sekaligus menggerus penguasaan pasar Isuzu Panther yang pada tahun lalu sebesar 2% menjadi hanya 1%.

Dua pemain lainnya di segmen MPV, yakni Honda Freed dan Proton Exora, sepanjang tahun ini tercatat nihil penjualan.

 

Tag : Toyota Innova, Pasar Mobil
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top