Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

GIIAS 2017: Suzuki Agresif Perluas Pangsa Pasar Outboard Motor

PT.Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku distributor resmi Suzuki Outboard Motor (OBM) serius menggarap pasar mesin untuk moda transportasi laut (outboard motor) yang pasarnya masih sangat luas di Tanah Air sebagai negara kepulauan dengan jumlah pulau sebanyak 17.508 unit.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 16 Agustus 2017  |  07:44 WIB
GIIAS 2017: Suzuki Agresif Perluas Pangsa Pasar Outboard Motor
Dari kiri, Arviane D.B. (Corporate Public Relations Strategic Planning Department PT.SIS), Kensuke Ikeda (Department Head Outboard Department PT.SIS dan Leo Wijaya (Assistant to Department Head OBM Department PT.SIS), saat sesi tanya jawab dengan sejumlah media di press room Suzuki di GIIAS 2017, Selasa(15/8 - 2017)
Bagikan

Bisnis.com, TANGERANG - PT.Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku distributor resmi Suzuki Outboard Motor (OBM) serius menggarap pasar mesin untuk moda transportasi laut (outboard motor) yang pasarnya masih sangat luas di Tanah Air sebagai negara kepulauan dengan jumlah pulau sebanyak 17.508 unit.

"Ada fakta mencengangkan kita semua, Amerika Serikat yang bukan negara kepulauan tercatat total penjualan outboard motor-nya mencapai 400.000 unit per tahun. Bandingkan dengan Indonesia yangg negara kepulauan, hanya sebanyak 20.000 unit per tahun. Ini tantangan sekaligus sebagai peluang untuk mendorong pasar berkembang lebih pesat lagi," kata Assistant to Department Head OBM PT.SIS, Leo Wijaya dalam sesi interview terbatas dengan sejumlah media di press room Suzuki di GIIAS 2017, Selasa (15/8/2017).

Dia mengemukakan masih rendahnya penetrasi penggunaan outboard motor tersebut, tidak terlepas dari cara pandang para pemangku kepentingan yang belum melihat sektor kelautan sebagai pilar pembangunan nasional dan sektor yang mensejahterakan rakyat. Akibatnya, sektor ini belum berkembang pesat dibandingkan sektor lainnya.

"Tetapi kami lihat pemerintah saat ini sudah mulai menyadari besarnya potensi kelautan dan perikanan nasional dan menempatkan sektor ini sebagai sektor andalan dalam memacu perekonomian nasional," katanya.

Leo menjelaskan outboard motor Suzuki sudah semakin populer dan disukai oleh para nelayan dan sejumlah pelaku bisnis di sektor lain yang mengandalkan moda transportasi laut antara lain rig minyak, pariwisata, pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Dari total penjualan 20.000 unit per tahun, kami sudah mengambil porsi pasar sebanyak 3.500-3.800 unit baik mesin 2 tak maupun 4 tak".

Kehadiran 2 mesin terbaru yakni DF300AP dan DF 350, membuat SIS semakin yakin akan memperbesar market share di tahun ini dan tahun-tahun ke depannya.  

"Produk Suzuki OBM memiliki line-up mesin berkualitas tinggi dan menjanjikan efisiensi biaya perawatan serta efektif dalam mendongkrak pendapatan para penggunanya," katanya.

DF300AP

Mesin ini dilengkapi dengan fitur Suzuki Precision Control, yaitu sistem kontrol computer-based drive-by-wire, yang membuat pengoperasian mesin menjadi mudah, kontrol yang cepat dan tepat serta perpindahan gigi yang mulus.   

DF300AP merupakan outboard pertama di dunia yang bisa difungsikan sebagai mesin putaran kanan atau mesin putaran kiri, berkat teknologi Suzuki Selective Rotation yang diaplikasikan pada mesin tersebut.  

Standar putaran dari pabrik adalah putar kanan, untuk mengganti dari putaran kanan menjadi putaran kiri cukup menambahkan konektor khusus pada mesin serta mengganti propellernya dengan tipe yang sesuai.   

DF300AP juga dilengkapi dengan Self Adjusting Timing Chain yang merupakan timing chain yang bebas penyetelan serta 2-stage Gear Reduction yang berfungsi meningkatkan keseimbangan dan menghasilkan torsi yang besar untuk akselerasi cepat serta pencapain maksimal top speed.  

Walaupun memiliki tenaga yang besar (300 PK), DF300AP juga dilengkapi dengan Lean Burn System, sebuah sistem inovatif untuk membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Keunggulan efisiensi konsumsi bahan bakar yang lebih sedikit membuat  mesin Suzuki 4 tak menjadi pilihan logis bagi infrastruktur transportasi air.

DF 350

Mesin bertenaga terbesar keluaran Suzuki ini telah diperkenalkan bulan Juni lalu di Amerika dengan tipe DF350, merupakan mesin outboard 4 tak terkuat berkonvigurasi V6, bertenaga 350 HP. DF 350 Dikembangkan selama tiga tahun guna menunjukkan kemampuan Suzuki dalam hal keahlian membuat mesin dan desain.

"Saat ini para ahli di Suzuki OBM masih terus mempelajari kemungkinan DF 350 untuk dipasarkan di Indonesia dengan berbagai penyesuaian agar dapat kompatibel dengan kebutuhan pasar Indonesia," kunci Leo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt suzuki indomobil sales
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top