Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persaingan LMPV Ketat, Target Penjualan 1,1 Juta Unit Akan Tercapai

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meyakini bahwa ketatnya pasar penjualan mobil di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) akan mendorong tercapainya target penjualan sebanyak 1,1 juta unit mobil dari semua merek pada tahun 2017.
Mitsubishi Small MPV/Bisnis
Mitsubishi Small MPV/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meyakini bahwa ketatnya pasar penjualan mobil di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) akan mendorong tercapainya target penjualan sebanyak 1,1 juta unit mobil dari semua merek pada tahun 2017.

"Potensi pasar di Indonesia akan sangat besar dan sejumlah merek akan tumbuh bersama-sama," kata Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto dalam sebuah wawancara melalui sambungan telepon, Selasa (25/7/2017).

"Tentunya memperbesar market, namun tetap tergantung pada pertumbuhan ekonomi. Kalau lancar pertumbuhannya, pasar akan terus bertumbuh. Target kami naik sedikit jadi 1,1 juta unit atau 4 persen lebih," sambung Jongkie.

Dikatakan, penjualan mobil tahun 2016 sebanyak 1.060.000 unit. Walaupun pertumbuhan kecil, ujarnya, intinya kan tetap bertumbuh. Tidak turun.

Selain market yang membesar, lanjut dia, konsumen juga diuntungkan dengan banyaknya pilihan mobil dan produsen kendaraan juga semakin kompetitif dalam memasarkan produknya.

"Kami menyambut baik merek apapun datang ke pasar Indonesia. Sepanjang persaingan itu sehat, kan tidak apa-apa, karena yang diuntungkan adalah konsumen yang memiliki banyak pilihan," katanya.

Jongkie berpesan agar produsen kendaraan memperhatikan ketersediaan sukucadang, pelayanan purna jual dan harga jual kembali.

"Semua merek harus memperhatikan aftersales servis, sarana, dan purna jual. Satu lagi yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga resale value dari mobil-mobil tersebut. Di Indonesia masih ada yang khawatir harga jualnya anjlok," pungkas dia.

Pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, pasar LMPV di Indonesia kedatangan dua pemain baru yaitu Wuling Confero dan Mitsubishi Small MPV yang akan bersaing dengan para pemain lama antara lain Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Honda Mobilio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper