Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bosch dan TomTom Kembangkan Peta Untuk Mobil Swakemudi

Bosch bersama penyedia peta dan informasi lalu lintas asal Belanda, TomTom, membuat terobosan dalam pengembangan peta resolusi tinggi untuk mobil swakemudi.
Istimewa
Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Bosch bersama penyedia peta dan informasi lalu lintas asal Belanda, TomTom, membuat terobosan dalam pengembangan peta resolusi tinggi untuk mobil swakemudi.

Kedua perusahaan menciptakan susunan lokasi menggunakan sinyal radar, yang akan sangat diperlukan untuk pengembangan swakemudi.

Selama ini peta dibentuk berdasarkan data video. Radar road signature dari Bosch terdiri dari miliaran titik refleksi.

Titik tersebut akan terbentuk di berbagai tempat yang terkena sinyal radar, misal penghalang jalan atau rambu lalu lintas.

Dengan demikian kendaraan dapat mereproduksi jalur untuk mencapai tujuan tanpa bantuan manusia.

Radar road signature menjadi tonggak penting dalam upaya menuju pengemudian otomatis. Teknologi ini memungkinkan kendaraan otomatis menentukan lokasi mereka secara akurat setiap saat,” kata anggota dewan manajemen Bosch Dirk Hoheisel dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu (14/6/2017).

Tantangan utamanya adalah menemukan cara mengadaptasi sensor radar yang sudah ada untuk kebutuhan mobil swakemudi.

Saat digunakan dalam sistem kemudi, seperti pengereman darurat otomatis atau adaptive cruise control (ACC), sensor akan mendeteksi benda bergerak.

Namun, untuk dapat menghasilkan radar road signature, sensor juga harus bisa mendeteksi benda-benda statis. Artinya, sensor radar yang sudah ada harus dimodifikasi.

Sensor radar Bosch generasi selanjutnya akan mampu menyediakan data yang dibutuhkan radar road signature.

”Di masa depan, mobil-mobil yang tersedia di pasaran akan dilengkapi fungsi bantuan yang akan menjalankan peta bagi kendaraan otomatis,” ujar Hoheisel.

Adapun Bosch dan TomTom telah bekerja sama secara intensif dalam menciptakan radar road signature serta menggabungkannya ke peta resolusi tinggi sejak awal kolaborasi pada Juli 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper